Amankah Penggunaan Hand Sanitizer pada Bayi?

Kompas.com - 24/03/2020, 16:11 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com -  Kesadaran untuk menjaga kebersihan tangan merupakan modal penting untuk mencegah penularan virus corona. Selain mencuci tangan dengan air dan sabun, kita juga bisa membersihkan tangan dengan hand sanitizer saat sedang berada di perjalanan.

Penggunaan hand sanitizer kini menjadi hal yang biasa dilakukan masyarakat. Namun, apakah produk ini aman untuk bayi?

Menurut dr. Reisa Broto Asmoro, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Hal pertama berkaitan dengan keamanan produk serta apakah produk sudah memiliki sertifikasi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

"Apalagi sekarang banyak hand sanitizer yang diracik sendiri tanpa (sertifikasi) BPOM. Itu harus hati-hati," kata Reisa dalam Live Instagram bersama Mother & Baby, Selasa (24/3/2020).

Kedua, perhatikan apakah produk memiliki label "food grade" sehingga aman jika tertelan oleh manusia, terutama bayi.

Apalagi, bayi pada usia tertentu sudah mulai senang memasukkan segala benda ke dalam mulutnya.

Baca juga: Dekan FK UI Imbau Masyarakat Tak Bikin Hand Sanitizer Sendiri

Jika kedua hal itu tidak terpenuhi, kata Reisa, maka sebaiknya orangtua memilih membersihkan tangan dengan air dan sabun. Selain lebih aman dan bisa diawasi, ketersediaan sabun juga masih terjamin.

"Kalau tidak ada (dua opsi itu) sebaiknya cuci tangan dengan air dan sabun lalu keringkan. Itu sudah paling efektif," ungkapnya.

Dalam mencuci tangan, pastikan orangtua bisa membimbing anak untuk melakukannya seusai standar higienitas yang dianjurkan, yakni mencuci tangan selama kurang lebih 20 detik.

Untuk mempermudah, orangtua dan anak bisa menyanyikan lagu "selamat ulang tahun" sebanyak dua kali.

Baca juga: Ahli Tidak Rekomendasikan Pembuatan Hand Sanitizer Sendiri, Mengapa?



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X