BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Polytron

Buah Delima, “Superfood” dengan Segudang Manfaat bagi Kesehatan

Kompas.com - 24/03/2020, 20:45 WIB
Ilustrasi jus buah delima. Yeko Photo StudioIlustrasi jus buah delima.
Penulis Farhanah
|

KOMPAS.com – Buahnya berwarna kemerahan, rasanya asam manis, dan banyak sekali bijinya. Ya benar sekali, buah delima namanya yang disebut juga pomegranate atau buah pome.

Penting Anda ketahui, pomegranate ternyata masuk golongan superfood lho. Kok bisa begitu?

Ya, karena buah pome bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan kecantikan. Bahkan antioksidan dalam buah ini juga bisa bantu memperpanjang umur Anda.

Sebagai tambahan informasi, dilansir dari laman verywellfit.com, Jumat (17/1/2020), antioksidan adalah molekul yang dipercaya dapat menangkal radikal bebas.

Baca juga: Beragam Khasiat Delima, untuk Jantung hingga Tekan Risiko Kanker

Terlalu banyak partikel radikal bebas akan menurunkan fungsi jaringan tubuh, sehingga rentan terserang penyakit jantung, kanker, autoimun, darah tinggi, dan penyakit berat lainnya.

Satu hal lagi, kulit Anda juga akan lebih cepat mengalami penuaan dini karena efek radikal bebas.

Penelitian University of California di Los Angeles (UCLA) seperti dikutip dari laman Medicaldaily.com, Jumat (10/3/2020), dalam buah delima terdapat tiga jenis antioksidan polifenol yang memberikan nutrisi tambahan, yaitu tanin, anthocyanin, dan asam ellagic.

Segudang manfaat delima

Manfaat delima bisa Anda rasakan saat rutin mengonsumsinya. Berikut beberapa manfaat buah ini yang dapat kami rangkum.

Baca juga: Mengapa Buah Delima Bisa Bantu Panjang Umur

Pertama, melawan obesitas atau kelebihan berat badan.

Obesitas terjadi karena seseorang terus-menerus makan dan minum melebihi yang dibutuhkan tubuhnya. Dalam kondisi ini, pusat otak seseorang selalu merespons makanan, meskipun perut tidak lapar.

Kelebihan berat badan tersebut dapat dicegah dengan mengonsumsi 8 ons jus delima setiap hari. Buah ini akan mengekang rasa lapar dan menciptakan sensasi kenyang pada perut Anda.

Kedua, melindungi tubuh dari penyakit jantung. Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI 2018, 15 dari 1.000 orang Indonesia menderita sakit jantung.

Baca juga: 7 Jus Sehat Peningkat Imun yang Bisa Kita Konsumsi

Sebuah studi pada 2010 diketahui, mengonsumsi 800 miligram minyak biji delima setiap hari selama empat minggu dapat menurunkan kadar trigliserida. Selain itu, juga mampu menaikkan rasio antara trigliserida dan kolesterol baik HDL.

Ada sedikit tips nih, jika Anda mengonsumsi setengah gelas jus delima dan tiga kurma setiap hari, bantu cegah serangan jantung dan stroke.

Itu karena antioksidan tingginya dapat melindungi lapisan arteri dari kerusakan.

Ketiga, melawan kanker payudara. Fitokimia dalam buah delima dapat bantu mencegah dan memperlambat pertumbuhan berbagai jenis kanker payudara.

Pasalnya, senyawa antioksidan bernama ellagitanin dalam delima bekerja dengan menghambat pertumbuhan estrogen atau DNA penyebab kanker payudara.

Baca juga: 6 Manfaat Jus Mangga, untuk Kesehatan Jantung sampai Daya Tahan Tubuh

Keempat, meningkatkan daya ingat. Salah satu tanda penuaan adalah menurunnya fungsi otak untuk mengingat.

Nah, polifenol dalam buah delima bantu meningkatkan daya ingat pada orang lanjut usia (lansia). Karenanya, rutin minum jus delima setiap hari teruji mampu jaga kesehatan otak.

Kelima, melawan atritis atau peradangan sendi. Antioksidan pada buah pome juga bersifat antiinflamasi atau antiperadangan. Cara kerjanya dengan membantu menetralkan peradangan dan cegah memburuknya gejala.

Sebuah studi pada 2016 menemukan, ekstrak delima mampu menekan biomarker rheumatiod arthritis dan stres oksidatif.

Baca juga: Jus Jeruk Kurangi Risiko Obesitas dan Menyehatkan Jantung

Hasilnya, orang yang diberikan ekstrak buah tersebut dua kali sehari lebih sedikit mengalami nyeri sendi, pembengkakan, dan rasa sakit.

Keenam, mengatasi disfungsi ereksi. Para ahli UCLA pada laman Medical Daily juga mengatakan, jus delima dapat memperbaiki fungsi seksual pria.

Hal itu dibuktikan separuh partisipan pada sebuah penelitian pada 2007 yang mengalami peningkatan ereksi.

Para peneliti menduga, efek tersebut karena kandungan antioksidan delima melawan radikal bebas yang hambat aliran darah di penis.

Baca juga: Jus Jambu Biji dan Herbal Bikin Sembuh DBD? Ini Penjelasan Ahli

Cara efektif mengonsumsi delima

Daging buah delima menempel pada bijinya yang kecil dan banyak, sehingga memakannya memang agak menyulitkan.

Kabar baiknya, Anda tidak perlu repot mengonsumsi delima. Sebabnya, buah ini mampu mempertahankan nilai nutrisi meski telah diolah menjadi jus.

Tak heran, pomegranate dinobatkan sebagai jus tersehat dari 10 jenis jus oleh para peneliti UCLA tersebut.

Saat minum jus delima tidak ada bagian buah yang terbuang dari daging hingga bijinya, sehingga Anda bisa menikmati segudang nutrisinya.

Baca juga: 4 Resep Jus Segar untuk Kecilkan Perut Buncit

Oleh karena itu, penting memilih blender yang bisa jaga nutrisi delima tahan lebih lama dan lebih sehat. Blender jenis ini biasanya memiliki teknologi vacuum yang mampu mengeluarkan oksigen dan gas lainnya sebelum proses blending.

Jus delima yang menggunakan fitur vacuum blending tersebut tidak akan berbuih, tidak terjadi separasi, tekstur lebih lembut, dan warna buah delimanya tetap cerah. Ini menandakan kualitas nutrisi jus masih tinggi dan sehat untuk dikonsumsi.

Beberapa produsen blender memang sudah mengeluarkan teknologi tersebut, salah satunya Polytron Vacuum Blender PVB 112G.

Ilustrasi Polytron Vacuum Blender PVB 112G.Polytron Ilustrasi Polytron Vacuum Blender PVB 112G.
Kelebihan vacuum blender tersebut telah dilengkapi one touch button atau tombol sekali sentuh, sehingga Anda tidak perlu repot.

Baca juga: Kinerja Merosot, Employee Gathering Dongkrak Etos Kerja Karyawan

Selagi dingin, kesegaran jus delima makin terasa, sehingga Anda bisa menambahkan es batu saat proses pengejusan. Meski es batu bertekstur keras, santai saja!

Teknologi high speed motor & six stainless blades berkekuatan 20.000 RPM pada Polytron Vacuum Blender PVB 112G mampu menghancurkan lebih maksimal.

Sudah itu, jangan lupa memasang blender Anda dengan benar agar jus delima tidak tumpah. Sangat disayangkan kalau jus superfood ini tumpah sia-sia!

Nah, bagi Anda yang sering mengalami situasi itu, sebaiknya pilih blender yang dilengkapi electromagnetic sensor click. Fitur ini akan memastikan unit terpasang dengan baik, sehingga bisa mencegah jus tumpah sia-sia dan juga lebih aman untuk penggunaan.

Baca juga: Jaga Daya Tahan Tubuh, Empon-empon Dipercaya Cegah Virus Corona

Kesehatan sangat berharga dan tak bisa ditawar, sehingga jangan cuma asal kenyang! Anda juga harus memperhatikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Buah delima bisa jadi solusi untuk bantu mencukupi asupan nutrisi dan mencegah datangnya penyakit.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya