BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com untuk mengkampanyekan #BerkaryaDariRumah

Kiat Waras Cari Hiburan dari Rumah di Tengah Pandemi Corona

Kompas.com - 25/03/2020, 22:29 WIB
ilustrasi working from home yang merupakan salah satu implementasi dari imbauan social distancing. FREEPIK/TIRACHARDZilustrasi working from home yang merupakan salah satu implementasi dari imbauan social distancing.
|

KOMPAS.com – Baru-baru ini, Pemerintah melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) resmi memperpanjang masa kedaruratan wabah virus Corona Covid-19 hingga 29 Mei 2020.

Itu artinya, aturan social distancing yang dimulai sejak Senin (16/3/2020) lalu bakal diperpanjang pula masa berlakunya. Bahkan, terbaru, Badan Kesehatan Dunia( WHO) mengganti istilah ini dengan physical distancing.

Adapun peraturan tersebut dibuat semata-mata sebagai upaya mencegah meluasnya penularan virus Covid-19.

Salah satu praktik dari aturan social distancing adalah working from home ( WFH), yang mana segala aktivitas mulai dari bekerja, sekolah, hingga beribadah dilakukan di rumah sampai kondisi kembali kondusif.

Awalnya, sebagian besar warga memang merespons imbauan WFH dengan sukacita. Sebab, mereka jadi tak perlu repot-repot pergi ke kantor atau ke kampus. Semua bisa dilakukan di rumah secara daring.

Sayangnya, karantina tidak semudah itu. Ada hal-hal yang dibatasi. Jika sebelumnya masyarakat bisa jalan-jalan atau nongkrong selepas jam kantor atau kuliah, selama masa social distancing ini semua kegiatan tersebut tidak dapat dilakukan.

Alhasil, tak sedikit orang yang dirundung rasa jenuh, bosan, hingga stres. Padahal, belum genap 14 hari penerapannya.

Nah, supaya Anda yang menjalani WFH atau karantina tetap waras, berikut ini beberapa kiat yang bisa dicoba.

Hubungi teman atau kerabat

Menghubungi teman atau kerabat, baik itu lewat panggilan suara, chat, maupun video call menjadi salah satu cara untuk mengusir kejenuhan selama masa social distancing ini.

Lagi pula, interaksi langsung Anda dengan yang lain sudah pasti berkurang, atau malah berhenti sama sekali karena adanya aturan WFH.

Oleh karena itu, menghubungi teman, khususnya lewat video call dapat sedikit mengobati rasa rindu akibat tak jumpa beberapa waktu.

Di awali dengan menanyakan kabar, biasanya akan tercipta obrolan seru. Jadi, manfaatkanlah momen untuk saling menguatkan di tengah pandemi ini.

Olahraga

Jika sebelumnya Anda tergolong malas berolahraga, masa WFH ini bisa jadi waktu yang tepat untuk melakukannya.

Manfaatkanlah waktu perjalanan Anda ke kantor atau kampus yang tidak terpakai saat ini untuk kegiatan tersebut.

Jenis olahraga tak mesti berat. Pilih saja yang ringan dan bisa dilakukan di dalam rumah. Contoh, senam atau yoga. Bila masih bingung, Anda bisa temukan referensinya di Youtube.

Dengan begitu, hormon endorfin akan meningkat sehingga membantu Anda menangkal stres yang bisa menurunkan fungsi sistem imun.

mendengarkan musik menjadi salah satu cara untuk mengurangi rasa bosan, jenuh, hingga stres.siraphol s. mendengarkan musik menjadi salah satu cara untuk mengurangi rasa bosan, jenuh, hingga stres.

Mendengarkan musik bisa bikin pikiran asik

Centers for Disease Control Prevention (CDC) Amerika Serikat menyarankan untuk melakukan kegiatan yang membuat tubuh dan pikiran nyaman. Mendengarkan musik, misalnya.

Hal tersebut wajar disarankan karena tak sedikit penelitian membuktikan manfaat musik bagi kesehatan pikiran.

Untuk memperbaiki mood, misalnya. Penelitian The Journal of Positive Psychology (2013) menemukan, partisipan yang diminta mendengarkan musik secara berkelanjutan mengaku memiliki suasana hati yang lebih baik dari sebelumnya.

Selain itu, dalam hal mengurangi stres, riset berjudul The Effect of Music and the Human Stress Response membuktikan bahwa musik mampu melakukannya.

Lewat penelitian yang digagas Myriam Thoma dan rekan-rekan peneliti dari University of Zurich menemukan, musik berpengaruh positif terhadap sistem saraf pusat sehingga ampuh meredakan stres.

Malahan, efek tersebut dianggap lebih cepat dan efektif dibandingkan suara hutan atau gemercik air yang dipercaya menenangkan.

Nah, salah satu cara menikmati musik dengan sensasi berbeda bisa Anda temukan melalui live streaming Authenticity From Home Festival.

Authenticity From Home Festival merupakan konser berformat digital atau daring yang menampilkan tiga kategori karya, yaitu musik, komedi, dan art (seni).

Selain menghibur, program tersebut juga menjadi penanda bahwa dalam kondisi keterbatasan ruang sekalipun ternyata kita masih bisa #BerkaryaDariRumah.

Sederet musisi seperti Endah N Ressa, Uus, Aditya Sofyan, Pamungkas, dan Anji bakal bakal tampil secara live streaming pada 27 hingga 28 Maret 2020.

Untuk menyaksikan keseruan mereka #BerkaryaDariRumah, Anda bisa langsung kunjungi situs authenticity.id.

Dengan begitu, masa karantina yang terasa membosankan bisa jadi menyenangkan, bukan?

 

Baca tentang
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya