Kompas.com - 26/03/2020, 14:51 WIB
Bapa Giuseppe Berardelli. Pastor berusia 72 tahun yang meninggal akibat virus corona di Italia pekan lalu. Dia menjadi pemberitaan karena sebelum meninggal, dia memilih memberikan respirator yang harusnya digunakannya ke pasien berusia muda yang sama sekali tidak dikenalnya. Oratorio Casnigo via BBCBapa Giuseppe Berardelli. Pastor berusia 72 tahun yang meninggal akibat virus corona di Italia pekan lalu. Dia menjadi pemberitaan karena sebelum meninggal, dia memilih memberikan respirator yang harusnya digunakannya ke pasien berusia muda yang sama sekali tidak dikenalnya.

KOMPAS.com - Dalam setiap bencana, termasuk epidemi Covid-19, selalu ada kisah-kisah inspiratif dan mengharukan yang bisa menimbulkan harapan dan mengingatkan kita pentingnya bersikap welas asih.

Salah satunya kisah mengharukan terjadi di Italia baru-baru ini. Seorang pastor di Casnigo, Italia, Don Giuseppe Berardelli, meninggal dunia pekan lalu karena terinfeksi Covid-19.

Kisah meninggalnya Berardelli tersebar luas setelah situs media Italia, Araberara, melaporkan umat paroki menyumbangkan ventilator untuk Berardelli namun ditolaknya dan diberikan pada pasien yang lebih muda.

Sayangnya, setelah dikonfirmasi ulang, ternyata cerita yang terlanjur menyebar itu ternyata salah.

Memang, mereka yang mengenal pastor Berardelli mengingatnya sebagai sosok yang tidak mementingkan diri sendiri.

Namun, beberapa orang mengatakan kepada Catholic News Agency, kisah respirator yang disumbangkan tidak terjadi karena sang pastor belum sempat mendapat ventilator.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Tidak ada respirator yang disumbangkan. Belum ada respirator yang datang dari luar rumah sakit."

Demikian kata Giulio Dellavite, sekretaris jenderal keuskupan Berardelli kepada CNA, Selasa lalu.

Baca juga: Puluhan Pastor di Italia Meninggal karena Virus Corona

Dellevite, teman Berardelli selama lebih dari 20 tahun, mengatakan kepada CNA ia yakin Berardelli akan meninggalkan tempat tidur di unit perawatan intensif bagi pasien yang lebih muda, jika ia mampu.

Beradelli adalah satu dari sedikitnya 60 pastor Italia yang telah meninggal dunia karena virus corona, menurut Catholic News Agency.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.