Bukan Sekadar Bikin Keren, Kacamata Hitam Juga Penting untuk Kesehatan

Kompas.com - 27/03/2020, 09:02 WIB
Sesuaikan kacamata hitam dengan kegiatan Anda Digital Vision.Sesuaikan kacamata hitam dengan kegiatan Anda
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kaca mata hitam bukanlah sekadar aksesori untuk menunjang penampilan, namun juga dapat melindungi kesehatan mata. Fungsinya adalah melindungi mata dari sinar ultraviolet atau UV yang berbahaya.

Bahkan di luar negeri, orang diimbau mengenakan kacamata hitam tidak hanya saat musim panas saja. Nyatanya, pada musim dingin sekalipun dengan sedikit sinar matahari, paparan sinar ultraviolet tetap ada.

Lalu, apa saja manfaat memakai kacamata hitam selain untuk penampilan?

1. Melindungi mata

Kacamata hitam dapat melindungi mata dari pancaran sinar ultraviolet. Hal ini penting terutama jika sedang berada di dekat air.

Saat berada di dekat air, sinar ultraviolet tak hanya dari matahari tapi juga terpantul dari air. Jika mata terkena paparan sinar ultraviolet berlebihan, bisa mengakibatkan kornea terbakar.

Baca juga: Tips Memilih Kacamata Hitam untuk Kesehatan Mata

2. Melindungi kulit sekitar mata

Area kulit di sekitar mata sangat tipis dan sensitif. Sebut saja kelopak mata yang merupakan lapisan kulit paling tipis di tubuh manusia.

Artinya, risiko mengalami kerusakan akibat paparan sinar ultraviolet juga besar. Memakai kacamata hitam dapat mengurangi kemungkinan itu.

Lebih jauh lagi, sinar ultraviolet juga bisa menyebabkan kanker kulit, terutama di kelopak mata. Jadi, sangat penting memakai kacamata hitam bagi orang yang memang memiliki riwayat kanker kulit.

Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X