Tak Bisa "Work From Home", Ini 7 Tips Jaga Diri di Tengah Wabah Corona

Kompas.com - 27/03/2020, 13:14 WIB
Mencuci tangan sebagai salah satu langkah menghadapi virus corona Dok. HalodocMencuci tangan sebagai salah satu langkah menghadapi virus corona

KOMPAS.com – Hampir dua pekan pemerintah mengeluarkan imbauan bagi warga untuk melakukan social distancing, demi memutus rantai penyebaran virus corona yang telah menjadi pandemi global.

Antisipasi yang dilakukan perusahaan adalah dengan mengambil kebijakan work from home (WFH) bagi karyawannya, dan juga belajar di rumah bagi para siswa. 

Kendati demikian, tidak semua warga bisa melakukan imbauan itu. Salah satunya karena tuntutan pekerjaan yang memaksa dia tetap bekerja di luar rumah.

Baca juga: Perbedaan DBD dan Corona Tak Begitu Kentara, Bisa Bikin Salah Diagnosa

Nah, bagi mereka yang tidak bisa melakukan pekerjaan dengan berdiam diri di rumah, ada tujuh langkah yang bisa kita lakukan demi terhindar dari infeksi virus corona.

Ketujuh tips itu disampaikan dokter spesialis jantung dan pembuluh darah RS Siloam Karawaci, Tangerang, dr Vito Anggarino Damay Sp.JP (K), M.Kes, kepada Kompas.com.

1. Bersihkan diri

Vito mengatakan, bagi mereka yang terpaksa keluar rumah, begitu sampai rumah jangan dulu rebahan atau mencium keluarga.

“Yang harus dilakukan pertama adalah mandi dan keramas sebelum bertemu orang rumah,” ujar Vito, Jumat (27/3/2020).

Baca juga: Hati-hati, Kuku Panjang Bisa Jadi Penyebar Virus Corona

2. Rendam baju

Tak hanya tubuh yang harus dibersihkan. Baju yang dipakai saat keluar rumah, harus langsung direndam menggunakan deterjen, kemudian kucek dan bilas hingga bersih.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X