BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com untuk mengkampanyekan #BerkaryaDariRumah

Di Rumah Aja Bukan Jadi Penghalang Orang-orang Ini untuk Terus Berkarya

Kompas.com - 27/03/2020, 19:47 WIB
Ilustrasi work from home atau bekerja dari rumah. ShutterstockIlustrasi work from home atau bekerja dari rumah.

KOMPAS.com – Saat itu matahari masih bersinar cukup terik. Namun demikian, jalan-jalan di Barcelona, Spanyol tampak sangat sepi. Tidak ada kendaraan atau orang yang berlalu lalang.

Dari salah satu jalan, sayup-sayup terdengar suara piano memainkan lagu hits Celine Dion berjudul My Hearts Will Go On. Rupanya suara itu berasal dari balkon apartemen pianis Alberto Gestoso.

Mendengar lantunan piano itu, seorang pria yang tinggal di apartemen sebelah langsung berpartisipasi dengan memainkan saksofon miliknya. Mereka pun berduet untuk menghibur warga sekitar yang juga sedang menjalani karantina di rumah masing-masing.

Aksi pria bermain piano di tengah lockdown akibat pandemi Covid-19 itu pun viral internet dan berbagai media sosial.

Spanyol merupakan salah satu dari ratusan negara yang terkena dampak pandemi virus corona yang terjadi sejak awal tahun 2020. Kini negara itu tengah memberlakukan lockdown dengan jumlah kasus positif lebih dari 49.000 orang.

Berbeda dengan Indonesia. Meskipun tidak memberlakukan lockdown, sejak Senin (16/3/2020), Pemerintah Indonesia telah mengimbau masyarakat untuk melakukan physical distancing dan melakukan semua aktivitas di dalam rumah.

Imbauan lewat komedi

Meskipun gerak dan ruangnya terbatas, tidak menghentikan masyarakat untuk tetap berkarya. Contohnya, beberapa waktu lalu media sosial sempat diramaikan oleh video yang menampilkan seorang pria berbaju dan topi hitam.

Sambil duduk di dalam rumah, pria bernama Bintang Emon yang juga komika itu, mulai membahas soal kekhawatirannya akan pandemi Covid-19 di Indonesia.

Dengan gaya kocak serta bahasa ringan, Bintang menyindir sekaligus mengajak masyarakat untuk mematuhi anjuran social distancing agar penyebaran virus corona tidak semakin meluas.

“Memang nyawa kita di tangan Tuhan, tapi kan kita harus berusaha,” ucap Bintang dalam video berdurasi sekitar 2 menit tersebut.

Mengutip Kompas.com, Rabu (25/3/2020), Komika itu menceritakan, video tersebut merupakan seri dari kumpulan video bertajuk Dewan Perwakilan Omel-omel (DPO) yang rutin diunggahnya ke media sosial.

"Khusus untuk corona saya upload dua video biar enggak dibilang menunggangi corona, karena memang sebenarnya hanya ingin menyampaikan keresahan saja," ucap Bintang.

Baca juga: Bintang Emon, Jawab soal Video Viral dan Permintaan Jadi Jubir Pemerintah

Bintang mengaku, awalnya dia sedikit takut membicarakan isu virus corona karena masih menjadi momok publik. Namun, di luar dugaannya, video tersebut mendapat respons positif dari berbagai pihak.

Berkarya di tengah keterbatasan

Tetap berkarya dan terus mengekspresikan diri saat physical distancing juga dilakukan musisi-musisi Indonesia. Salah satu caranya dengan melakukan konser daring di acara Authenticity from Home, Minggu (22/3/2020) lalu.

Melalui live streaming, para performer berinteraksi dengan para penggemar dan menciptakan kedekatan yang tidak bisa dilakukan lewat konser live biasa. Format ini pun dapat mengikis jarak yang tercipta akibat physical distancing.

Ilustasi streaming konserSHUTTERSTOCK Ilustasi streaming konser

Dengan begitu, diharapkan semakin banyak lagi orang yang tetap berada di rumah dan terinspirasi untuk ikut #BerkaryaDariRumah.

Konser daring tersebut ternyata mendapat sambutan hangat dari para penggemar musik. Bahkan, video Youtube-nya sudah ditonton lebih dari 2.500 orang.

Karena respons yang sangat positif, Authenticity.id sebagai penyelenggara kemudian melanjutkan acara itu dan memperbesar skalanya menjadi sebuah festival daring.

Bertajuk Authenticity from Home Festival, acara ini menjadi wujud semangat para individu yang tetap #BerkaryaDariRumah dan menunjukkan Ini Asli Gue di tengah keterbatasan ruang dan gerak.

Terdapat tiga kategori acara utama yang ditampilkan, yaitu musik, komedi, dan art (seni). Ketiga kategori itu akan diisi oleh para musisi serta seniman kenamaan Indonesia. Acaranya akan diselenggarakan secara live di situs authenticity.id, pada 27-28 Maret 2020.

Pada Jumat, 27 Maret 2020, acara akan diisi oleh Endah N Ressa, Uus & Dicky, Aditya Sofyan, Pamungkas, dan Anji.

Sementara itu, pada 28 Maret 2020 acara akan dimeriahkan Tuan 13, Sisitipsi, Feel koplo, The Panturas, serta Fourtwnty.

Bagaimana, sudah siap bersenang-senang?

Baca tentang

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya