Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/03/2020, 10:19 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Udara yang kita hirup bisa saja terkontaminasi dengan polutan. Mulai dari partikel debu, hingga asap rokok yang terperangkap dalam partikel udara lalu masuk ke paru-paru kita.

Paru-paru kita sebetulnya sebagian besar merupakan organ yang memiliki mekanisme pembersihan diri, tetapi ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk membantu paru-paru berfungsi pada tingkat optimal.

Membersihkan paru-paru mungkin bermanfaat terutama bagi individu yang memiliki kondisi kesehatan yang menyebabkan kesulitan bernapas, seperti asma, PPOK (penyakit paru obstruktif kronis), fibrosis kistik, dan lainnya.

Seorang perokok berat atau orang yang harus menggunakan obat-obatan inhalasi tertentu juga bisa mendapatkan manfaat dari membersihkan paru-paru.

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk membersihkan paru-paru, termasuk melakukan perubahan gaya hidup dan berolahraga untuk membantu membersihkan paru-paru dari cairan:

Baca juga: Apa yang Terjadi pada Paru-paru Manusia Saat Terkena Virus Corona?

1. Menggunakan pembersih udara

Mulailah membersihkan paru-paru dengan memperbaiki kualitas udara di rumah. Kamu bisa membeli alat penyaring udara (air filter) yang dapat ditempatkan di masing-masing kamar atau berinvestasi di alat pembersih udara untuk rumah tangga.

2. Mengganti saringan udara

Seiring dengan menggunakan air purifier, kamu juga perlu mengganti semua saringan udara di rumah dan membersihkan semua ventilasi, seperti yang ada di kamar mandi atau AC.

3. Menghilangkan wewangian buatan

Kamu mungkin berpikir bahwa aliran udara di rumah akan semakin baik dengan membuatnya berbau harum dengan pengharum ruangan, lilin atau pengharum lainnya.

Namun, wewangian ini sebenarnya bisa penuh dengan bahan kimia berbahaya yang dapat mengiritasi paru-paru. Bahkan produk pembersih rumah tangga juga dapat menyebabkan iritasi, jadi periksalah lemari pakaianmu dan gantilah pembersihmu dengan produk-produk alami jika memungkinkan.

Baca juga: 5 Makanan untuk Menjaga Kesehatan Paru-paru di Tengah Wabah Corona

4. Banyak menghabiskan waktu di luar ruangan

Mendapatkan banyak udara segar dapat membantu memperluas jaringan di paru-paru kita dan membuatnya bekerja dengan baik.

Sebelumnya, periksalah perkiraan polusi di daerahmu, hindari berolahraga di luar ketika polusi tinggi dan jauhi area pembakaran sampah, kayu, atau jenis asap lainnya. Jika kamu khawatir dengan polusi atau tinggal di daerah dengan polutan berat, kamu bisa mengenakan masker penyaring udara.

ilustrasi duduk di kursi tamanshutterstock ilustrasi duduk di kursi taman

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber Healthline
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com