Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas, Payudara Kendur karena Terlalu Sering Tak Pakai Bra

Kompas.com - 30/03/2020, 13:50 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Mirror

KOMPAS.com - Kebijakan yang membatasi pergerakan fisik (physical distancing) demi mengurangi penyebaran Covid-19 mengharuskan banyak orang beraktivitas dari rumah masing-masing.

Bagi kebanyakan perempuan, berdiam diri di rumah artinya bebas mengenakan pakaian yang nyaman termasuk menanggalkan bra ketika beraktivitas.

Namun, para pakar mengingatkan agar para perempuan tidak terlalu 'terlena' dengan kebebasan itu. Sebab, tidak menggunakan bra dalam waktu lama bisa memberi dampak jangka panjang terhadap struktur payudara kita.

Teknolog garmen dari Figleaves, Victoria Shelton menjelaskan kepada Daily Mail bahwa membiarkan payudara tanpa tersokong bisa menyebabkan kerusakan jaringan ikat yang disebut ligamen cooper, yang membantu menjaga stuktur payudara.

Ia memahami jika kebiasaan berpakaian kita akan menyesuaikan ketika menjalani aktivitas di rumah. Namun, perempuan disarankan tetap mengenakan bra untuk menyokong payudaranya karena berat payudara bisa menimbulkan kerusakan postur atau sakit punggung jika tidak disokong dengan baik.

Baca juga: Ada Nyeri di Payudara, Perlukah Khawatir?

"Kerusakan bisa terjadi pada ligamen cooper pada payudara dan membuatnya mengendur," kata Victoria.

Hal senada disampaikan oleh Dr Riccardo Frati dari Frati Cosmetic surgery. Selain mencegah kerusakan ligamen cooper, menggunakan bra bisa mencegah payudara yang memang akan mengendur dari waktu ke waktu karena faktor gravitasi dan usia.

Namun, ketika berada di rumah kita bisa memilih bra yang lebih nyaman daripada bra yang biasa kita kenakan untuk ke luar rumah.

Ia menyarankan untuk memilih flexi bra, yang mirip sports bra tapi tetap nyaman, elastis, tanpa kawat, dan tanpa kaitan, sehingga pas untuk dikenakan sehari-hari.

Jenis bra itu terutama cocok bagi perempuan dengan ukuran payudara lebih besar. Sebab, bra yang kencang dan didukung dengan kawat biasanya kurang nyaman untuk digunakan dalam waktu yang panjang. Perhatikan pula faktor lainnya, seperti ukuran dan jenis tali bra.

"Kaitan dan tali yang lembut juga merupakan kunci kenyamanan," ungkap Victoria.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mirror
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com