Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/03/2020, 05:05 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Di waktu pandemi corona seperti sekarang, rasa takut dan panik membuat banyak orang lebih rapuh dan mudah percaya pada berita yang seolah menawarkan solusi atas permasalahan ini.

Salah satunya adalah berita soal makan telur rebus tengah malam yang disebut bisa mencegah penularan virus corona.

Menyebarnya kabar ini dimulai dari unggahan video seorang bayi yang bisa bicara dan menyuruh orang-orang untuk makan telur rebus saat tengah malam sebagai tolak bala.

Layaknya penyebaran hoaks lain secara acak dan cepat, berita mengenai telur rebus bisa mencegah dan menyembuhkan corona tiba-tiba beredar dan tidak sedikit orang yang memercayainya.

Melihat fenomena ini, medical editor SehatQ, dr. Anandika Pawitri mengungkapkan bahwa sebaiknya masyarakat jangan mudah percaya begitu saja tulisan ataupun video yang diunggah di media sosial. Sebab, jika menyangkut urusan kesehatan, akibatnya bisa berbahaya.

Lagipula ia mengungkapkan, hingga saat ini belum ada satu makanan pun yang telah terbukti melalui penelitian, bisa mencegah infeksi virus corona, termasuk jenis virus corona yang menyebabkan Covid-19.

Saat ini, hal yang efektif untuk mencegah penularan adalah dengan menjaga kebersihan dan daya tahan tubuh.

“Mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang memang bisa bantu tingkatkan daya tahan tubuh,” kata dr. Anandika.

Namun ingat, mengonsumsi makanan sehat itu merupakan bagian dari pola makan sehat. Jadi, harus dilakukan setiap hari secara teratur, dengan jenis makanan beragam agar gizinya pun lengkap.

Dr. Anandika pun menambahkan, bahwa selain dengan mengonsumsi makanan yang sehat, berolahraga secara teratur dan istirahat yang cukup juga merupakan bagian penting untuk membangun imunitas tubuh yang kuat.

Jenis makanan yang bisa tingkatkan daya tahan tubuh

Telur rebus memang makanan sehat. Namun, jika makanan tersebut dianggap bisa mencegah corona atau bahkan menyembuhkan corona, maka hal tersebut tidaklah tepat.

Seperti saran dokter, untuk mencegah atau menurunkan risiko tertular corona, sebaiknya konsumsilah makanan yang sehat dan bergizi seimbang.

Baca juga: Cegah Virus Corona, Santaplah 8 Jenis Makanan untuk Daya Tahan Tubuh

 

Dari makanan-makanan tersebut, ada beberapa di antaranya yang memang dipercaya bisa meningkatkan daya tubuh, seperti:

1. Jeruk

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com