Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/03/2020, 13:57 WIB
Gading Perkasa,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber CNN

KOMPAS.com - Di tengah pandemi Covid-19, penggunaan masker masih menjadi perdebatan. Orang yang sakit atau terpapar virus corona dianjurkan untuk memakai masker.

Lalu bagaimana dengan mereka yang berada dalam kondisi sehat? Perlukah mereka mengenakan masker sebagai langkah pencegahan?

Pejabat WHO menyebut, mereka tetap merekomendasikan orang untuk tidak menggunakan masker kecuali dalam kondisi sakit karena Covid-19 atau merawat pasien.

"Tidak ada bukti khusus yang menunjukkan pemakaian masker oleh populasi massal memiliki potensi manfaat," kata Dr. Mike Ryan, direktur eksekutif program kedaruratan kesehatan WHO, dalam konferensi pers di Jenewa, Swiss, Senin.

"Bahkan, ada beberapa bukti yang menunjukkan sebaliknya dalam penyalahgunaan memakai masker dengan benar."

"Masalah lainnya, kita memiliki kekurangan global yang sangat besar," kata Ryan tentang masker dan persediaan medis lainnya.

Baca juga: WHO: Kekurangan APD Kronis dan Global, Solusinya Kerja Sama dan Solidaritas

"Saat ini orang-orang paling berisiko dari virus ini adalah petugas kesehatan garis depan yang terpapar virus setiap saat. Memikirkan mereka yang tidak memiliki masker itu mengerikan."

Dr. Maria Van Kerkhove, ahli epidemiologi penyakit menular kepada WHO, juga menyebut pentingnya memprioritaskan penggunaan masker bagi mereka yang paling membutuhkan, dalam hal ini tenaga medis di garis depan.

"Di masyarakat, kami tidak merekomendasikan penggunaan masker kecuali kita sakit dan sebagai upaya mencegah penyebaran jika kita sakit," kata Van Kerkhove.

"Masker kami rekomendasikan untuk orang di rumah dan sakit serta mereka yang merawat orang sakit di rumah," katanya.

Pejabat WHO pada media briefing pekan lalu mengingatkan, secara global ada "kekurangan" pasokan medis, termasuk alat pelindung diri atau APD, untuk dokter.

"Dunia menghadapi kekurangan signifikan dari APD untuk pekerja garis depan kita, termasuk masker dan sarung tangan serta pakaian dan pelindung wajah, dan melindungi pekerja perawatan kesehatan harus jadi prioritas utama."

Baca juga: Warga Diimbau Pakai Masker Saat di Kerumunan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com