Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obesitas Tingkatkan Risiko Kondisi Kritis Saat Terinfeksi Covid-19

Kompas.com - 31/03/2020, 17:22 WIB
Gading Perkasa,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

Sumber Boldsky

KOMPAS.com - Banyak penelitian menunjukkan, orang dengan kondisi medis seperti diabetes, penyakit ginjal, masalah paru-paru, penyakit jantung, penyakit pernapasan kronis, dan kanker berisiko tinggi  mengalami gejala Covid-19 yang lebih buruk.

Namun, virus corona juga bisa lebih buruk pada orang dengan obesitas. Menurut World Obesity Federation, pasien Covid-19 dengan obesitas secara signifikan berisiko lebih tinggi mengalami kondisi kritis.

Jika melihat tingkat obesitas yang sangat tinggi di seluruh dunia, diperkirakan persentase populasi yang tinggi akan berisiko lebih besar tertular virus ini.

Baca juga: 5 Cara Menjaga Tubuh Tetap Sehat di Tengah Wabah Corona

Guna mendukung hal tersebut, sebanyak 221 pasien rawat inap dengan Covid-19 berusia 45 tahun diteliti di China.

Sekitar 60 pasien memiliki komorbiditas (satu atau lebih kondisi tambahan), 68 pasien memiliki limfopenia, dan 25 pasien menderita penyakit parah.

Studi ini melaporkan, penyakit parah secara langsung terkait indeks massa tubuh (BMI) yang lebih besar dari 28 kg/m2. Studi ini telah dipublikasikan dalam jurnal The Lancet.

Studi lain menunjukkan orang dewasa dengan virus corona, rhinovirus, metapneumovirus dan parainfluenza lebih mungkin dirawat di rumah sakit karena kurang berat badan atau obesitas, daripada orang dewasa dengan berat badan yang sehat.

Menurut National Health Service (NHS), indeks massa tubuh (BMI) antara 25 - 29,9 berarti kita kelebihan berat badan, dan BMI antara 30 - 39,9 menandakan kita mengalami obesitas.

Baca juga: Ini Sebabnya Pria Lebih Rentan Terinfeksi Virus Corona

Risiko Obesitas

Obesitas dapat melemahkan sistem kekebalan dan meningkatkan peradangan, yang membuat tubuh sulit melawan kuman.

Selain itu, obesitas juga memberi tekanan berlebih pada paru-paru, yang meningkatkan risiko komplikasi virus corona.

Obesitas juga menyebabkan komplikasi lain, seperti tekanan darah tinggi, diabetes, metabolisme lambat, sleep apnea, penyakit jantung dan stroke, penyakit ginjal dan osteoartritis.

Menurut Johns Hopkins State University and Medicine, total kasus virus corona yang dikonfirmasi berjumlah 786.228 kasus dengan 37.820 kematian secara global.

Baca juga: Jenis Golongan Darah yang Paling Rentan jika Terinfeksi Virus Corona

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Boldsky
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com