Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/04/2020, 10:12 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

Sumber CNN

KOMPAS.com – Ketika Duke and Duchess of Sussex mengumumkan mereka akan meninggalkan anggota senior kerajaan di awal tahun, banyak orang sangat terkejut. Topik itu kemudian menjadi perdebatan di media dan juga masyarakat Inggris.

Pertanyaan tentang kehidupan pasangan ini juga mengemuka. Apa yang akan mereka lakukan? Bagaimana mereka bertahan? Dan apa komentar anggota kerajaan yang lain atas keputusan tersebut?

Ada beberapa kejadian di minggu-minggu setelah pengumumnan itu. Namun, pertanyaan itu mulai terjawab ketika pada Senin (30/3) pasangan ini mengeluarkan pernyataan tentang transisinya setelah keluar dari anggota senior kerajaan.

“Pada beberapa minggu atau bulan ke depan, Duke dan Duchess of Sussex memilih untuk fokus pada respon global terhadap pandemi Covid-19,” kata juru bicara pasangan ini.

“Namun, kami menyadari ada pertanyaan terkait masa depan melebihi transisi mereka,” lanjutnya.

Masa depan yang dimaksud termasuk tidak lagi memakai nama “Sussex Royal” untuk organisasi nonprofit, website, atau akun Instagram, mulai 31 Maret yang merupakan akhir masa mereka sebagai anggota kerajaan senior dan memulai hidup barunya.

Walau tidak lagi aktif bekerja sebagai anggota kerajaan senior dan mewakili Ratu, tetapi Pangeran Harry dan Meghan tetap anggota kerajaan. Tidak ada perubahan pada posisi Pangeran Harry dalam daftar suksesi.

Baca juga: Pindah ke AS, Pangeran Harry dan Meghan Harus Bayar Sendiri Biaya Keamanan

Dukungan dari Pangeran Charles

Di balik layar, berbagai perjanjian telah dibuat antara pasangan ini dengan keluarga kerajaan. Salah satunya, Pangeran Charles, ayah Harry, akan melanjutkan memberi dukungan secara finansial lewat usaha propertinya, the Duchy of Cornwall.

Harry dan Meghan juga tetap memiliki kediaman mereka di Windsor Estate di Inggris, walau mereka harus membawar sekitar 3 juta dollar sebagai pengganti biaya renovasi.

Beberapa rencana juga sudah dibuat sebagai cara bagi pasangan ini untuk mendapat pemasukan, misalnya saja menjadi pembicara, bekerja sama dengan Disney, serta beberapa proyek lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com