Tangkal Virus Corona, Amankah Pakai Masker Kain Buatan Sendiri?

Kompas.com - 01/04/2020, 10:43 WIB
. SHUTTERSTOCK.

KOMPAS.com - Saran dari berbagai pihak terkait penggunaan masker di tengah pandemi global virus corona, kadang terasa membingungkan.

Namun, di tengah penyebaran wabah dan berkurangnya alat pelindung diri (APD) bagi pekerja medis, pelurusan atas saran tersebut menjadi penting untuk disebar.

Baca juga: Cara Katon Bagaskara Uji Kelayakan Masker Kain untuk Cegah Corona

Anjuran penggunaan masker kain bagi warga pun dikumandangkan, agar masker N95 dan masker surgical dapat diprioritaskan bagi para pekerja medis.

Mengenakan masker atau tidak?

Sejak awal disebutkan bahwa orang sehat tidak perlu memakai masker untuk melindungi diri dari virus corona.

Baca juga: WHO Tegaskan Lagi Masker Hanya untuk yang Sakit

Bahkan, hal itu diserukan Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto sejak pertama kali kasus Covid-19 ditemukan di Indonesia.

Kendati demikian, ketika kita belajar lebih banyak tentang virus, maka muncul pula saran yang menentang pedoman resmi tersebut.

Disebutkan, menutupi wajah dengan masker saat berada di tempat umum juga diperlukan.

Menyusul pandangan itu pula, produk masker menjadi kian sulit ditemukan. Atau, kalau pun ada harganya melonjak naik.

Di sisi lain, -seperti disebutkan di atas, serapan pasar yang besar membuat tenaga medis pun mengalami defisit APD.

Banyak orang malah menimbun masker medis. Padahal, masker jenis itu diperlukan oleh rumah sakit dan para pekerja tanggap darurat.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X