Tips Menyimpan Ikan, Daging, dan Sayur agar Awet dan Tetap Segar

Kompas.com - 01/04/2020, 15:40 WIB
Ilustrasi hidangan seafood. ShutterstockIlustrasi hidangan seafood.

KOMPAS.com - Pandemi virus corona membuat kita tak bisa sering berbelanja ke pasar atau supermarket untuk membeli ikan dan daging segar. Disarankan untuk berbelanja seminggu sekali dan membeli dalam jumlah banyak sebagai persediaan di rumah.

Untuk itu, kita perlu tahu cara yang tepat menyimpan bahan makanan, seperti ikan, daging ayam, daging sapi, dan sayuran, agar awet dan tahan lama.

1. Sayur

Untuk jenis sayuran yang berbentuk daun, seperti kangkung, bayam, dan sawi, kita bisa menyimpannya di kulkas.

Sebelum disimpan, bersihkan dahulu dari gagang dan akar lalu cuci dengan air, keringkan dan masukkan ke dalam plastik klip. Bila tak punya, kita bisa menggunakan kertas untuk membungkusnya dan dimasukkan ke dalam wadah plastik.

Untuk sayuran lain, seperti kentang, wortel, dan bawang, sebaiknya diletakkan di suhu ruangan.

Agar bersih, sebelum disimpan, kamu bisa menjemurnya sejenak di panas matahari agar bakteri, kuman, dan virus yang mungkin menempel pada kulit sayuran bisa mati karena panas matahari.

Baca juga: Bersihkan Sayur dan Buah Tak Perlu Pakai Sabun, Begini Baiknya...

2. Ikan

Untuk ikan, akan lebih baik bila kita memilih ikan tawar yang hidup. Namun, untuk ikan laut, cukup sulit menemukan ikan laut yang masih hidup. Pilih ikan yang masih segar dengan memperhatikan insang ikan yang masih berwarna merah, ikan tidak berbau, mata ikan tidak berwarna merah, dan bagian perut masih terasa keras.

Sesampainya di rumah, bersihkan ikan dengan mengeluarkan semua isi perutnya. Potong-potong lalu beri perasan jeruk nipis dan baluri dengan garam.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X