Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/04/2020, 15:40 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pandemi virus corona membuat kita tak bisa sering berbelanja ke pasar atau supermarket untuk membeli ikan dan daging segar. Disarankan untuk berbelanja seminggu sekali dan membeli dalam jumlah banyak sebagai persediaan di rumah.

Untuk itu, kita perlu tahu cara yang tepat menyimpan bahan makanan, seperti ikan, daging ayam, daging sapi, dan sayuran, agar awet dan tahan lama.

1. Sayur

Untuk jenis sayuran yang berbentuk daun, seperti kangkung, bayam, dan sawi, kita bisa menyimpannya di kulkas.

Sebelum disimpan, bersihkan dahulu dari gagang dan akar lalu cuci dengan air, keringkan dan masukkan ke dalam plastik klip. Bila tak punya, kita bisa menggunakan kertas untuk membungkusnya dan dimasukkan ke dalam wadah plastik.

Untuk sayuran lain, seperti kentang, wortel, dan bawang, sebaiknya diletakkan di suhu ruangan.

Agar bersih, sebelum disimpan, kamu bisa menjemurnya sejenak di panas matahari agar bakteri, kuman, dan virus yang mungkin menempel pada kulit sayuran bisa mati karena panas matahari.

Baca juga: Bersihkan Sayur dan Buah Tak Perlu Pakai Sabun, Begini Baiknya...

2. Ikan

Untuk ikan, akan lebih baik bila kita memilih ikan tawar yang hidup. Namun, untuk ikan laut, cukup sulit menemukan ikan laut yang masih hidup. Pilih ikan yang masih segar dengan memperhatikan insang ikan yang masih berwarna merah, ikan tidak berbau, mata ikan tidak berwarna merah, dan bagian perut masih terasa keras.

Sesampainya di rumah, bersihkan ikan dengan mengeluarkan semua isi perutnya. Potong-potong lalu beri perasan jeruk nipis dan baluri dengan garam.

Setelah itu, masukkan dalam plastik klip atau bila tak memilikinya, simpan dalam wadah plastik makanan untuk satu kali porsi memasak dan simpan dalam freezer

Ilustrasi belanjaan.Pexels Ilustrasi belanjaan.

3. Daging sapi dan iga

Daging sapi memang disarankan untuk tak dicuci. Namun, sebelum mengolah, ada baiknya kita merebus sedikit air, biarkan mendidih, masukkan daging selama 3 menit, lalu buang air rebusan dan olah daging sesuai selera.

Potong-potong daging dalam porsi sekali masak lalu masukkan ke wadah tertutup rapat. Baru simpan dalam freezer.

4. Daging ayam

Sebelum menyimpannya, cuci bersih daging ayam terlebih dahulu. Setelah itu, sama seperti daging sapi, kamu bisa membungkusnya dengan plastik dan memasukkan ke lemari pendingin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com