Agar Hubungan Suami-Istri Tak Tegang Selama Karantina di Rumah

Kompas.com - 01/04/2020, 18:50 WIB
. Getty Images/iStockphoto.

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 membuat sebagian besar orang terpaksa menghabiskan waktu di rumah masing-masing, baik sendiri atau bersama keluarga.

Jika satu dua hari mungkin tak akan ada masalah, namun banyak yang merasa situasi 24 jam selalu bersama-sama membuat mereka tidak lagi memiliki privasi.

Riset psikologi sosial dan perilaku secara konsisten menunjukkan bahwa menyatukan orang-orang untuk jangka waktu yang lama di ruang yang sama atau berada di kondisi yang terlalu padat dapat memicu rasa mudah marah, bahkan konflik.

Tak menutup kemungkinan hal ini juga terjadi pada sepasang suami-istri yang menjalani masa karantina mandiri di rumah saja.

Pasti ada saja hal-hal yang bisa menimbulkan perbedaan pendapat, ribut-ribut kecil, bahkan ketegangan dalam hubungan.

Untuk menjaga keseimbangan, kita bisa menyiasatinya dengan beberapa hal:

1. Meluangkan waktu "me time"

Kamu dan pasangan tetap harus menyediakan "me time" alias waktu untuk diri sendiri. Diam di rumah saja bukan berarti kamu harus menghabiskan waktu bersama sepanjang waktu.

Manfaatkan sedikit waktu untuk melakukan sesuatu yang kita sukai sendirian atau sekadar berdiam diri untuk mempertahankan rasa keseimbangan dalam dirimu sendiri.

Terhubung dengan yang lain juga melibatkan pertukaran emosi yang luar biasa dan kamu mungkin memerlukannya untuk mengembalikan lagi suasana hati yang positif. Ingatlah bahwa kamu tidak bisa terus menjadi pemberi dalam suatu hubungan tanpa menjaga diri sendiri.

Baca juga: Ubah Stres Jadi Bahagia Selama “Diam” di Rumah Bersama Anak

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X