Jangan Panik, Tak Semua Batuk adalah Gejala Infeksi Corona

Kompas.com - 02/04/2020, 12:11 WIB
ilustrasi batuk di malam hari Kompas.comilustrasi batuk di malam hari

KOMPAS.com - Wabah virus corona yang semakin meluas di berbagai negara membuat sebagian masyarakat semakin khawatir. Namun, ada baiknya untuk kembali mengingat gejala-gejala yang mengarah pada infeksi virus ini.

Selain demam, gejala lainnya yang juga bisa diperhatikan adalah gejala batuk kering. Ingatlah bahwa tidak semua batuk merupakan gejala corona, tetapi bagaimana membedakannya?

Batuk adalah reaksi defensif alami tubuh untuk mengeluarkan iritan, seperti lendir, debu, asap, atau penyebab alergi.

Hampir 60 persen kasus positif Covid-19 dilaporkan disertai gejala umum berupa batuk kering. Mengacu data tersebut, wajar jika banyak orang khawatir ketika mulai batuk atau orang di sekitarnya mengalami batuk.

Menurut konsultan dan pulmonolog dari Rumah Sakit Apollo, Navi Mumbai, Dr Jayalakshmi TK, batuk kering adalah batuk yang tidak memunculkan lendir dan karenanya disebut sebagai batuk tidak produktif.

Baca juga: Demam dan Batuk, Haruskah Langsung Cek Infeksi Corona?

Batuk kering dipicu rasa seperti gatal di belakang tenggorokan yang memicu refleks batuk. Sementara batuk basah biasanya mendorong lendir keluar dari sistem pernapasan, termasuk hidung atau tenggorokan.

"Batuk basah terdengar basah karena tubuh mendorong keluar lendir dan orang mungkin merasa ada sesuatu yang tersangkut di belakang tenggorokannya," kata Jayalakshmi.

"Dalam beberapa kasus disertai pula gejala lain seperti pilek, tetesan postnasal, atau kelelahan."

Sementara itu, Konsultan Senior Obat Perawatan Kritis Paru-paru, Rumah Sakit Utama Aster, Dr Ravindra Nallagonda, menjelaskan bahwa dalam banyak kasus, batuk basah mungkin disertai produksi dahak atau darah, sedangkan batuk kering tidak.

Batuk kering terjadi karena adanya peradangan atau iritasi pada saluran pernapasan. Biasanya, tenggorokan dan paru-paru meradang karena infeksi bakteri atau virus, ketegangan fisik, atau kondisi lingkungan.

Baca juga: Alergi, Flu dan Virus Corona, Bagaimana Membedakan Gejalanya?

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X