Cara Katon Bagaskara Uji Kelayakan Masker Kain untuk Cegah Corona

Kompas.com - 02/04/2020, 12:31 WIB
. REPRO BIDIK LAYAR VIA IG@KATON BAGASKARA.

KOMPAS.com - Kampanye tentang penggunaan masker wajah untuk menghindari infeksi virus corona terus bergulir.

Lapisan penutup hidung dan mulut tersebut berguna untuk menghambat kemungkinan seseorang terkena droplet -cairan yang keluar dari seseorang yang terinfeksi Covid-19.

Namun, menyusul kelangkaan masker pabrikan di pasaran, dan juga kondisi defisit alat pelindung diri (APD) bagi para pekerja medis -termasuk masker, warga pun mencari alternatif penggunaan masker kain.

Sayangnya memang, tidak ada standar baku yang bisa memastikan bahwa sebuah masker kain bisa efektif dan layak dipakai untuk mencegah penularan virus corona.

Baca juga: Tangkal Virus Corona, Amankah Pakai Masker Kain Buatan Sendiri?

Nah, tentang persoalan ini, musisi legendaris asal Yogyakarta, Katon Bagaskara tergerak untuk berbagi inspirasi dalam menguji kelayakan sebuah masker kain.

Beberapa hari lalu, lewat akun Instagram-nya @katonbagaskara, pentolan grup musik Kla Project ini mengunggah semacam video tutorial, tentang cara dia menguji masker kain.

"Sesuai dengan video yang saya terima dari China --dari Wuhan kayaknya, yang viral di mana-mana, cara mengetes masker kita aman atau tidak, tembus atau tidak," kata Katon.

Katon lalu membagikan sepotong klip yang menggambarkan seorang wanita memeragakan pemasangan masker di wajahnya, untuk kemudian meniup pematik api di tangannya.

"Oke kita tes ya, ini maskernya, saya pasang, ambil koreknya," kata Katon tak lama setelah klip itu berakhir.

Dia lalu menyalakan pematik dan meniup api di depan mulutnya dengan keras. Ternyata api di pematik tersebut tak padam meski sudah ditiup keras.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X