Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/04/2020, 09:45 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

Sumber SCMP

KOMPAS.com - Kebersihan diri hampir semua orang meningkat selama pandemi virus corona, tetapi apakah hal itu juga berlaku dalam pencucian pakaian?

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa virus Covid-19 bisa bertahan hidup di berbagai permukaan benda, termasuk bahan pakaian, dalam periode cukup lama, mulai dari hitungan jam sampai hari.

Itu sebabnya menerapkan cara pencucian pakaian yang benar bisa membantu menahan penyebaran virus dari pakaian ke manusia.

Berbeda dengan permukaan padat yang bisa diseka atau dilap, bahan pakaian memiliki berlapis serat sehingga membersihkan “permukaannya” saja tidak cukup.

“Bahan garmen harus dicuci dengan benar, seperti direndam dan dicuci dengan detergen atau proses dry-cleaning,” kata general manager perusahaan Laundry, Jeeves Hong Kong, Ryan Merszei seperti dikutip dari scmp.com.

Proses pencucian yang benar ini terutama untuk pakaian yang kita kenakan untuk ke tempat umum di luar rumah. Segera cuci pakaian setelah kita sampai di rumah.

Baca juga: Mungkinkah Virus Corona Hidup di Permukaan Sepatu?

IlustrasiThinkstockphotos Ilustrasi

Hal yang sama juga berlaku untuk pakaian yang mungkin kontak dengan permukaan padat, di mana virusnya bertahan cukup lama. Misalnya saja meja di tempat umum atau rumah sakit.

Badan Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC) menyarankan untuk mencuci pakaian dengan air hangat dan memakai detergen. Untuk pakaian tertentu yang kita tidak yakin akan kebersihannya, kita bisa menggunakan cairan pemutih dulu sebelum dicuci.

Bila kita tak bisa langsung mencuci pakaian setelah digunakan, simpanlah dalam kantong khusus sampai bisa dicuci. Jangan lupa untuk membersihkan dan disinfeksi kantong tersebut setelah dikosongkan.

Setelah kita menyentuh pakaian-pakaian kotor, terutama yang dipakai ke tempat umum, segera cuci tangan dengan sabun.

Kendati begitu kita tak perlu panik berlebihan, karena sejauh ini penelitian menunjukkan bahwa virus yang berada di permukaan padat dan sering disentuh, misalnya tombol lift atau pegangan tangga, lebih mudah menularkan virus dari pada pakaian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SCMP
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com