Ada 19 Negara yang Masih Bebas Corona

Kompas.com - 03/04/2020, 16:00 WIB
Negara Pulau Tuvalu, negara terkecil ke empat di dunia yang terletak di Samudera Pasifik. Google MapsNegara Pulau Tuvalu, negara terkecil ke empat di dunia yang terletak di Samudera Pasifik.

KOMPAS.com – Pada 12 Januari, kurang dari tiga bulan lalu, virus corona hanya terbatas ditemukan di China. Belum ada satu pun kasus yang terkonfirmasi di luar Tiongkok, tempat wabah Covid-19 bermula.

Kemudian, pada 13 Januari virus ini sudah menjadi masalah global. Kasus infeksi corona dilaporkan di Thailand, Jepang, Korea Selatan, lalu kemudian menyebar sampai ke Amerika Serikat.

Di seluruh dunia, kasus yang awalnya hanya satu atau dua laporan, kini telah mewabah. Saat ini ada lebih dari satu juta kasus Covid-19 secara global, mulai dari Nepal sampai Nicaragua.

Dengan jumlah kasus penularan yang terus bertambah, adakah tempat di dunia ini yang bebas corona?

Jawabannya mungkin mengejutkan, karena ya, ada negara yang belum terpapar corona.

Ada 193 negara yang menjadi anggota PBB. Pada 2 April 2020, terdapat 19 negara yang belum melaporkan temuan kasus virus Corona, menurut data Universitas Johns Hopkins.

Negara yang masih aman dari infeksi corona adalah Komoro, Kiribati, Lesotho, Malawi, Kepulauan Marshal, Mikronesia, Nauru, Korea Utara, Palau, Samoa, Sao Tome dan Principe, Kepulauan Solomon, Sudan Selatan, Tajikistan, Tonga, Turkmenistan, Tuvalu, Vanuatu, dan Yaman.

Baca juga: Sekjen PBB: Virus Corona Tantangan Terberat sejak Perang Dunia II

Seorang wanita melintas di depan mural yang mengajak orang untuk melawan virus corona di Surabaya, 26 Maret 2020. Pandemi Covid-19 yang disebabkan oleh virus corona menjadi insipirasi seniman grafiti atau mural untuk memberikan peringatan dan motivasi bagi warga dalam menghadapi virus tersebut.AFP/JUNI KRISWANTO Seorang wanita melintas di depan mural yang mengajak orang untuk melawan virus corona di Surabaya, 26 Maret 2020. Pandemi Covid-19 yang disebabkan oleh virus corona menjadi insipirasi seniman grafiti atau mural untuk memberikan peringatan dan motivasi bagi warga dalam menghadapi virus tersebut.

Sebagian pakar mengatakan, di negara-negara tersebut mungkin sudah ada kasus tapi belum dilaporkan. Korea Utara misalnya, secara resmi pemerintahnya mengatakan tidak ada kasus positif corona, demikian juga dengan Yaman baru tercabik perang.

Terpencil

Kendati begitu, memang ada negara yang belum terpapar virus, biasanya adalah kepulauan kecil dengan jumlah penduduk sedikit. Bahkan, menurut data PBB, 7 dari 10 tempat yang paling jarang didatangi bebas Covid-19.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber BBC
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X