Cara Memancarkan Inner Beauty, Kecantikan dari Lubuk Hati

Kompas.com - 03/04/2020, 16:09 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kecantikan tak melulu soal fisik karena kecantikan fisik sejatinya akan memudar seiring berjalannya waktu. Ada yang lebih abadi dari itu yaitu kecantikan dari dalam atau inner beauty.

Semua orang, baik wanita maupun pria tentu memilikinya, tapi tak semuanya bisa memancarkan inner beauty. Untuk bisa mencapainya, pahamilah maknanya agar inner beauty Anda semakin terpancar.

Sebuah jurnal penelitian berjudul inner beauty — The Friendship-Hypothesis karya DR Lisa Schmalzried, mengungkapkan beberapa teori dari para filsuf tentang apa itu inner beauty.

Plato menggagas bahwa inner beauty mendefinisikan orang cantik karena moralnya yang baik.

Sedangkan bagi filsuf lain seperti Reid atau Gaut, inner beauty tak hanya tentang kebaikan moral tapi juga terkait erat dengan kecerdasan, selera humor, dan optimisme yang dimiliki seseorang.

Lebih lanjut lagi Schmalzried dalam jurnalnya menyebutkan beberapa variabel lain untuk dapat mendefinisikan inner beauty.

Memang inner beauty berkaitan erat dengan moral yang dilakukan seseorang tetapi niat di baliknya juga menentukan inner beauty itu sendiri.

Immanuel Kant, seorang filsuf jerman berpendapat jika seseorang memiliki moral yang baik hanya karena ingin terlihat cantik dan tidak dengan tulus melakukannya, maka orang tersebut bukanlah orang yang memiliki inner beauty.

Pendekatan yang lebih modern sering mengaitkan inner beauty dengan ungkapan “beauty is in the eye of the beholder” yang berarti kecantikan, termasuk kecantikan dari dalam bersifat subjektif.

Alasannya karena apa yang dianggap satu orang cantik belum tentu orang lainnya juga menganggapnya demikian. Hal tersebut dapat dikarenakan variabel untuk mengukur kecantikan dari dalam sangatlah luas.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X