Apa Saja Tanaman Herbal yang Disebut Dapat Mencegah Covid-19?

Kompas.com - 03/04/2020, 16:58 WIB
Ilustrasi kulit jeruk www.shutterstock.comIlustrasi kulit jeruk
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Meski sudah ada imbauan resmi dari Kementerian Kesehatan RI tentang cara pencegahan infeksi virus corona, nyatanya masyarakat masih saja mencari alternatif lain sebagai perlindungan tambahan. Melalui obat herbal salah satunya. 

Sejauh ini sudah ada beberapa tanaman yang dianggap atau dipercaya bisa mencegah infeksi virus corona. Namun, belum semuanya diteliti kebenarannya secara ilmiah.

Hal ini tidak mengherankan mengingat Covid-19 adalah penyakit baru, sehingga belum banyak penelitian yang bisa dilakukan terhadap penyakit ini.

Baik di berita nasional maupun melalui pesan berantai aplikasi chat, kabar soal tanaman herbal yang bisa mencegah corona, selalu mencuri perhatian.

Sejauh ini, ini berikut tanaman maupun ramuan herbal yang diklaim bisa bantu mencegah infeksi Covid-19.

1. Jamu empon-empon

Ilustrasi empon-empon: jahe, kunyit, dan kencur.SHUTTERSTOCK/MASTON ART Ilustrasi empon-empon: jahe, kunyit, dan kencur.
Nama empon-empon tengah naik daun semenjak corona mulai merebak di Indonesia. Jamu tradisional asal Indonesia ini memang sebenarnya sudah sejak lama dipercaya bisa menghindarkan kita dari berbagai macam penyakit.

Empon-empon sendiri sebenarnya merupakan kumpulan rempah yang terdiri dari jahe merah, temulawak, biang kunyit, kayu manis, dan sereh.

Campuran rempah tersebut dinilai bisa meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga tidak sedikit orang yang mengonsumsinya untuk mencegah tertular Covid-19.

Meski begitu, hingga saat ini belum ada penelitian ilmiah yang bisa memastikan manfaat empon-empon untuk mencegah infeksi virus corona. Sehingga informasi mengenai kebenaran khasiatnya sebaiknya disikapi secara bijak.

Baca juga: Jaga Daya Tahan Tubuh, Empon-empon Dipercaya Cegah Virus Corona

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X