Kompas.com - 06/04/2020, 15:10 WIB
Ratu Elizabeth II (kiri) dan Pangeran Philip, Duke of Edinburgh (kanan), dalam permbukaan Parlemen Negara di Westminster, London, Inggris, 25 Mei 2010. STR/EPA-EFERatu Elizabeth II (kiri) dan Pangeran Philip, Duke of Edinburgh (kanan), dalam permbukaan Parlemen Negara di Westminster, London, Inggris, 25 Mei 2010.

KOMPAS.com - Ratu Elizabeth II membuat pidato bersejarah yang disiarkan televisi pada hari Minggu, waktu setempat. Ratu meminta rakyat Inggris untuk bersemangat dalam pertempuran melawan pandemi virus corona.

"Saya berbicara kepada kalian pada waktu yang semakin penuh tantangan ini," kata Ratu Inggris itu.

Pidato ini adalah pidato kelima Ratu, di luar pidato Natal, sejak dirinya menjabat.

“Ini adalah waktu yang penuh gangguan dalam kehidupan negara kita. Gangguan yang telah membawa kesedihan bagi sebagian orang, kesulitan keuangan, serta perubahan besar pada kehidupan kita semua,” imbuhnya.

Mengenakan blouse berwarna hijau, sang Ratu membuat perbandingan langsung dengan pidatonya di waktu perang pada tahun 1940 ketika ia menghibur keluarga yang hancur pada awal Perang Dunia II.

“Itu mengingatkan saya pada siaran yang saya buat, pada tahun 1940, dibantu oleh saudara perempuan saya,” katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kami sebagai anak-anak berbicara dari sini, di Windsor, kepada anak-anak yang telah dievakuasi dari rumah mereka dan diungsikan untuk keselamatan mereka,” lanjutnya.

"Hari ini, sekali lagi, banyak orang akan merasakan rasa perpisahan yang menyakitkan dari orang yang mereka cintai," katanya terkait lockdown ketat yang diberlakukan di Inggris.

"Tapi sekarang, kita tahu jauh di lubuk hati, bahwa ini adalah hal yang benar untuk dilakukan,” ungkap Ratu.

Dia menyatakan bahwa sama seperti perang, saat ini bangsanya harus tetap bersatu dan teguh agar bisa mengatasi wabah ini.

Halaman:


Sumber NYPost
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X