Kompas.com - 06/04/2020, 15:24 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Wabah virus corona memberikan kekhawatiran bagi semua orang, termasuk para ibu yang sedang hamil. Aktris Mona Ratuliu berbagi pengalaman jelang bulan kedelapan kehamilannya di masa pandemi.

Mona tak menampik jika wabah corona ini membuat banyak perencanaan yang dibuat sebelumnya menjadi kacau.

"Sebenarnya kalau mau dibikin senewen, senewen ya. Karena benar-benar semua plan bubar," ungkapnya dalam Insta Live bersama Mother & Baby, Senin (6/4/2020).

Beberapa jadwalnya yang terpaksa dibatalkan adalah sesi hypnobirthing, belanja perlengkapan bayi, hingga jadwal kontrol dokter yang berubah.

Namun, Mona mengaku tetap tenang meski berada pada situasi yang tidak menentu seperti saat ini.

Salah satu caranya agar tenang adalah dengan tidak membuat perencanaan terlalu jauh ke depan. Alasannya, situasi yang masih penuh dinamika bisa saja berubah lagi dalam waktu dekat.

"Kalau kepanjangan mikirnya kan jadi overthinking," ungkap perempuan yang mengandung anak keempatnya itu.

Menyenangkan diri sendiri

Istri dari Indra Brasco tersebut berusaha agar dirinya tetap tenang supaya sang bayi juga ikut tenang. Ada beberapa hal yang dilakukan Mona agar perasaannya menjadi lebih tenang.

Pertama, berkomunikasi dengan suami untuk membagi tugas rumah tangga.

"Bagi tugas rumah tangga dengan suami, misalnya sudah kecapekan nyuci, ngepel, boleh enggak aku kerjain tugas yang itu saja, suami yang mana," ungkapnya.

Hal lainnya adalah mengurangi paparan informasi tentang virus corona dan lebih banyak menjalani kegiatan yang disukai. Mulai dari memesan makanan kesukaan, mengurangi akses media sosial, pijat, hingga mandi air hangat.

"Pokoknya bikin happy diri sendiri. Atau cari tahu dulu apa yang suka bikin kita panik. Misalnya suka dengar berita macam-macam, ya sudah beritanya dikurangi," kata Mona.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.