Apa Bahan Terbaik untuk Dijadikan Masker Wajah

Kompas.com - 06/04/2020, 16:15 WIB
Berbagai bentuk dan gaya masker wajah digunakan warga untuk melindungi dirinya. AFP/ANDY WONGBerbagai bentuk dan gaya masker wajah digunakan warga untuk melindungi dirinya.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Di saat masker wajah habis terjual dan sulit dicari karena pandemi Covid-19, banyak orang harus menerapkan cara terakhir, yaitu membuat masker wajah DIY.

Data menunjukkan, masker wajah buatan sendiri efektif mencegah paparan virus. Namun jika kita ingin membuat masker DIY, kira-kira bahan apa yang paling cocok?

Ketika virus corona menyebar di seluruh China, dilaporkan orang-orang membuat masker dari berbagai bahan, seperti tisu, handuk dapur, kain katun, bahkan buah jeruk.

Nah untuk mencari tahu bahan yang tepat, para peneliti di Cambridge University pun menguji berbagai bahan rumah tangga untuk masker DIY.

Guna mengukur efektivitas, peneliti menyatukan bakteri Bacillus atrophaeus (berukuruan 0,93-1,25 mikron) dan virus Bacteriophage MS (0,023 mikron) pada bahan rumah tangga yang berbeda.

Mereka mengukur persentase material yang dapat menangkap virus dan membandingkannya dengan masker bedah.

Masker bedah memiliki kinerja terbaik yang dapat menangkap 97 persen bakteri 1 mikron. 

Namun material rumahan yang berada di peringkat tertinggi untuk menangkap bakteri adalah kantung penyedot debu (95 persen), kain pencuci piring (83 persen), kain kemeja katun campuran (74 persen), dan kemeja katun (69 persen).

Masker DIY dalam melawan virus

Berbagai bentuk dan gaya masker wajah digunakan warga untuk melindungi dirinya.AFP/ANDY WONG Berbagai bentuk dan gaya masker wajah digunakan warga untuk melindungi dirinya.
Hasil tes di atas menggunakan bakteri berukuran 1 mikron, sementara virus corona memiliki ukuran 0,1 mikron.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X