Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/04/2020, 22:37 WIB
Gading Perkasa,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 menyebabkan setiap orang harus tinggal di rumah dan menjalankan kebiasaan baru, yakni bekerja dari rumah.

Itu artinya, kita menjadi lebih sering duduk dalam waktu yang lama. Duduk menghadap layar komputer sepanjang hari bisa menyebabkan kita kesakitan, terutama di bagian tangan dan pergelangan tangan.

Sindrom carpal tunnel, yang ditandai rasa sakit, mati rasa, dan kesemutan di tangan kita disebabkan saraf median (saraf besar yang menjalar di pergelangan tangan kita) yang terkompresi.

Baca juga: Benarkah Bergandengan Tangan Bisa Redakan Sakit?

Sindrom ini adalah hal yang sangat umum terjadi, terutama jika kita memertahankan postur tubuh saat duduk sembari tangan berada di keyboard.

Rasa sakit pada pergelangan tangan

"Pergelangan tangan seperti leher botol pada tubuh, dan duduk di meja mengetik atau menggunakan telepon untuk waktu yang lama akan menyebabkan stagnasi dan menghentikan aliran darah ke pergelangan tangan."

Demikian kata Krissy Jones, co-founder Sky Ting Yoga di New York City, yang sering mendengar keluhan sakit pergelangan tangan dari para muridnya.

"Otot-otot di pergelangan tangan menjadi kencang dan mulai menekan saraf."

Fokus pada pergelangan tangan yang ketat dapat membantu melawan rasa sakit, namun kita mungkin ingin melihat sumber yang menyebabkan rasa sakit tersebut.

Baca juga: Ini Akibatnya Jika Tak Melepas Cincin dan Jam Tangan Saat Cuci Tangan

Rupanya, memposisikan tangan kita dalam kondisi mengetik dan chatting dari pagi hingga sore bukan satu-satunya penyebab masalah.

"Saraf yang menyebabkan carpal tunnel menjalar ke sisi leher, jadi jika kita duduk dan melihat komputer sepanjang hari, saraf itu terganggu," kata Todd Sinett, pendiri Tru Whole Care di New York.

"Bayangkan seperti selang berbelit-belit di bagian atas leher kita - ketika saraf terganggu, menyebabkan sakit pada pergelangan tangan dan ketidaknyamanan."

Jika kita harus duduk di depan komputer dalam waktu sangat lama, kita tidak harus pasrah dan menerima rasa sakit.

Baik Jones dan Sinett menjelaskan enam teknik peregangan favorit mereka untuk melonggarkan tekanan pada pergelangan tangan:

1. Wrist curl

Duduk di kursi atau bangku dan pegang satu tangan secara perlahan. Tekuk siku 90 derajat dan letakkan di atas kaki (atau bangku) sehingga lengan kita sejajar dengan lantai.

Putar telapak tangan kita sehingga menghadap ke tanah, lalu perlahan-lahan putar pergelangan tangan sampai telapak tangan menghadap ke atas.

Lakukan cara ini dari awal selama sepuluh kali, lalu lakukan juga pada bagian tangan yang lain.

Baca juga: Sering Pegal karena Terlalu Lama Duduk? Lakukan Teknik Peregangan Ini

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com