Kompas.com - 07/04/2020, 16:24 WIB
Para penumpang di stasiun kereta bawah tanah Wuhan memakai masker, pada 28 Maret 2020. Wuhan mulai bersiap mengoperasikan lagi sejumlah layanan publik, setelah di-lockdown selama 2 bulan. YFC/EPA-EFEPara penumpang di stasiun kereta bawah tanah Wuhan memakai masker, pada 28 Maret 2020. Wuhan mulai bersiap mengoperasikan lagi sejumlah layanan publik, setelah di-lockdown selama 2 bulan.

KOMPAS.com - Otoritas China untuk pertama kalinya sejak Januari 2020 melaporkan catatan nol kematian akibat infeksi Covid-19.

Kendati demikian, otoritas setempat masih berjuang dengan wabah yang sama, termasuk di Wuhan, di mana puluhan blok perumahan kembali dikarantina hanya satu hari sebelum pembatasan di wilayah itu akan dicabut.

Pada Selasa (7/4/2020), Komisi Kesehatan Nasional setempat melaporkan ada 32 kasus baru di seluruh China.

Baca juga: Yang Perlu Diketahui Tentang Tingkat Kesembuhan Infeksi Corona

Dari kasus-kasus tersebut, korbannya adalah mereka yang datang dari perjalanan luar negeri. Selain itu, ada juga 30 kasus asimptomatik--infeksi tanpa gejala, yang baru dilaporkan.

Namun, untuk pertama kalinya sejak komisi mulai menerbitkan angka-angkanya di bulan Januari, ini adalah kabar baik di mana tidak ada kematian baru.

Sepotong berita yang menjanjikan datang ketika daratan China dan Hong Kong memperkuat pembatasan kedatangan warga asing di tengah meningkatnya jumlah kasus dari luar negeri dan infeksi tanpa gejala.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lebih dari 1,3 juta orang di seluruh dunia telah didiagnosis terjangkit Covid-19, dan ada lebih dari 74.744 kematian, berdasarkan data Johns Hopkins.

Bulan lalu, pihak berwenang setempat mulai melonggarkan pembatasan pada penduduk Wuhan.

Baca juga: Melihat Para Desainer Kondang yang Bantu Perangi Wabah Corona

Sebelumnya, seperti yang diberitakan, warga di sana telah dikarantina selama berbulan-bulan demi memutus mata rantai penyebaran virus.

Ketika tingkat infeksi menurun, otoritas di sana menyatakan lebih dari 7.000 perumahan di Wuhan "bebas epidemi".

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X