Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nike Produksi Pelindung Wajah untuk Penuhi Kebutuhan Tenaga Kesehatan

Kompas.com - 08/04/2020, 22:26 WIB
Gading Perkasa,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat ini para petugas kesehatan di garda depan yang berjuang menyembuhkan pasien virus corona tengah berada dalam kesulitan karena peralatan perlindungan yang terbatas.

Menanggapi hal itu, Nike mengambil tindakan untuk membantu para tenaga kesehatan.

Perusahaan yang berbasis di Beaverton, Oregon, AS itu mengumumkan tim inovasi, manufaktur, dan tim produksi Nike telah mengembangkan pelindung wajah dan lensa respirator air-purifying (PAPR).

Baca juga: Vans dan The North Face menggalang Donasi untuk Lawan Covid-19

Dalam pengembangan pelindung wajah ini, Nike bekerja sama dengan para profesional kesehatan dari Oregon Health and Science University (OHSU).

Nike mengirimkan pelindung wajah dan lensa PAPR pertama ke OHSU pada hari Jumat lalu.

Alat pelindung diri (APD) dari merek yang merajai sportswear ini ditujukan bagi sistem medis yang terletak di sekitar kantor pusatnya di Oregon, termasuk Providence, Legacy Health Systems dan Kaiser Permanente.

"Tanggapan Nike terhadap krisis Covid-19 membantu menanamkan lapisan kepercayaan dan dukungan tambahan bagi petugas perawatan kesehatan, di mana kita dapat menjalankan tugas dengan aman."

Baca juga: Under Armour Alihkan Fokus Produksi untuk Buat APD hingga Fanny Pack

Demikian kata Dr. Miko Enomoto, associate professor of anestesthology dan pengobatan perioperatif di OHSU School of Medicine.

Pelindung wajah yang diciptakan Nike menampilkan setiap elemen footwear dan apparel yang telah berubah dari tujuan awal.

Elemen itu mencakup Thermoplastic Poly-Utherane (TPU) dari sol sepatu, lapisan pelindung untuk sepatu dan tali yang tadinya adalah bahan pakaian.

Pelindung wajah ini mencakup tiga bagian yang disatukan melalui proses sembilan langkah, upaya kolaborasi dari beberapa tim Nike di fasilitas manufaktur mereka di Oregon dan Missouri.

Baca juga: Ada Bape, Off-White, dan Masker Modis Lain di Tengah Pandemi Corona

Nike juga membuat helm PAPR menggunakan bahan TPU yang sama seperti pada pelindung wajah.

Pada Maret lalu, OHSU mengumumkan donasi 7 juta dollar AS (setara Rp. 113 miliar) dari para petinggi serta mantan petinggi Nike untuk mengoordinasikan perawatan dan menyediakan peralatan saat memerangi pandemi di Oregon.

Perusahaan atletik lain yang berbasis di Amerika Serikat juga menawarkan bantuan untuk mengatasi kekurangan APD.

Pekan lalu, Under Armour mengatakan telah mengirimkan 1.300 pelindung wajah ke University of Maryland Medical System dan menargetkan lebih dari 500.000 masker wajah kain dan 50.000 fanny pack.

Sedangkan, New Balance mengatakan pada 27 Maret lalu, mereka sedang membuat masker di fasilitas pabriknya, Lawrence, Massachusetts, untuk dipakai oleh petugas perawatan kesehatan.

Baca juga: New Balance Akan Produksi 100.000 Masker dalam Seminggu

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com