Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/04/2020, 15:52 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Untuk melindungi diri dari paparan virus corona, masyarakat dunia telah banyak menjalankan langkah pencegahan yang utama. Sebut saja, dengan berdiam diri di rumah, menjaga jarak dari orang lain, hingga rajin mencuci tangan.

Selain langkah pencegahan utama ini, satu hal lagi yang krusial untuk dilakukan adalah menjaga sistem imun atau daya tahan tubuh agar tetap sehat.

Penting untuk menjadi catatan bahwa belum ada vaksin untuk mencegah Covid-19. Mengukur imun sehat atau tidak pun tentu sulit dilakukan. Yang terpenting, kita harus menghindari paparan virus tersebut, serta menjaga imun tubuh tetap sehat dan fit.

Cara menjaga sistem imun tetap sehat melawan virus corona

Terlihat sepele namun vital, cara berikut membantu menjaga imun tetap sehat:

1. Cukup tidur

Tidur memiliki hubungan yang sangat erat dengan sistem imun. Tidur yang cukup menjadi salah satu cara agar regulasi sistem imun tetap terjaga. Sebaliknya, kurang tidur akan menurunkan sistem imun.

Kurang tidur bisa membuat seseorang rentan terinfeksi patogen, seperti karena menurunnya proliferasi limfosit yang menjadi bagian dari sistem imun.

Selain itu, tubuh juga melepaskan sejenis protein yang disebut sitokin hanya saat kita tidur. Sitokin berperan penting dalam sistem imun manusia.

Untuk memenuhi kebutuhan tidur, National Sleep Foundation menyebutkan orang dewasa perlu mencukupkan tidur minimal 7-9 jam dalam satu hari.

Baca juga: Tidur Lebih Nyenyak dan Bebas Mimpi Buruk di Tengah Pandemi Covid-19

2. Mengonsumsi makanan sehat

Menghabiskan waktu di rumah akan lebih memudahkan kita untuk mengonsumsi makanan sehat. Sistem imun yang sehat juga akan memerlukan nutrisi dari makanan bernutrisi.

Ada banyak nutrisi yang penting untuk tubuh, mulai dari vitamin, mineral, hingga molekul antioksidan. Mudahnya, buatlah meja makan Anda berwarna dengan buah dan sayuran, seperti alpukat, buah-buahan beri, wortel, tomat, hingga jeruk yang mudah dicari.

Konsumsi multivitamin mungkin diperlukan jika Anda merasa tak sanggup mendapatkan nutrisi dari makanan sehat. Pastikan berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen tertentu.

Baca juga: Sup Ayam dan Makanan Lain yang Bisa Tingkatkan Imunitas

3. Olahraga di rumah

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com