Ketahui Risiko Penularan Virus Corona di Pantai dan Kolam Renang

Kompas.com - 13/04/2020, 10:40 WIB
Keindahan Pink Beach di Manggarai Barat di dalam kawasan Taman Nasional Komodo, Flores, NTT, Rabu (10/5/2017). Pantai berpasir merah muda merupakan salah satu obyek wisata unggulan di kawasan itu. KOMPAS.COM/MARKUS MAKURKeindahan Pink Beach di Manggarai Barat di dalam kawasan Taman Nasional Komodo, Flores, NTT, Rabu (10/5/2017). Pantai berpasir merah muda merupakan salah satu obyek wisata unggulan di kawasan itu.

KOMPAS.com – Di tengah wabah virus corona, beberapa pantai diketahui masih ramai dikunjungi oleh warga. Di Bali salah satunya. Menurut laporan, pantai Kuta di Kabupaten Badung, Bali, masih tetap dikunjungi wisatawan atau peselancar.

Para ahli menyebutkan, risiko penularan virus corona ketika beraktivitas di pantai bukan berasal dari air laut saat kita berenang, melainkan pengunjung lainnya. Itu sebabnya, aturan menjaga jarak fisik juga berlaku di pantai.

Pakar kimia lingkungan Kimberly Prather PhD mengatakan, angin di pantai sangat kencang, sehingga aturan menjaga jarak dua meter mungkin tidak efektif.

“Jika seseorang terinfeksi dan kita tidak mengetahuinya, saat orang tersebut menghembuskan aeorosol pernapasan, bukan droplet, yang mengandung partikel sangat kecil dan bisa terbawa jauh oleh angina,” kata Prahter seperti dikutip WebMD.

Dengan kata lain, jika kita ke pantai yang juga dikunjungi oleh orang lain, maka kita harus lebih berhati-hati menjaga jarak cukup jauh.

“Analoginya, seberapa jauh kita akan menyingkir dari perokok jika kita tak mau menghirup asap rokoknya? Aeorosol dari asap rokok kurang lebih sama, bisa terbawa jauh oleh angin,” paparnya.

Bagaimana dengan berenang? Di Pantai atau kolam renang pada dasarnya aman.

Menurut profesor mikrobiologi dan imunologi Charles Gerba, kolam renang yang dipelihara dan diberi klorin lebih aman karena bisa membunuh semua jenis virus.

Dalam penelitiannya, virus corona bisa bertahan di air selama 2-3 hari, namun tidak diketahui apakah bisa menularkan.

Baca juga: Cegah Covid-19 Meluas, Pantai Kuta dan Seluruh Obyek Wisata di Badung Ditutup



Sumber WebMD
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X