Kompas.com - 13/04/2020, 11:53 WIB
Ilustrasi thinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Manfaat hati ayam bukan hanya baik untuk bayi yang baru mulai makan MPASI, tapi juga untuk anak sekolah yang sedang tumbuh dengan pesat.

Menurut data nutrisi U.S. Department of Agriculture, hati ayam adalah salah satu makanan padat nutrisi yang tinggi akan protein, zat besi, folat, omega-6, selenium, fosfor, zinc, tembaga, juga vitamin A, C, E, dan beragam vitamin B6.

1. Mencegah anemia
Kombinasi kandungan zat besi, zinc, dan vitamin B di dalam hati ayam sangat dibutuhkan tubuh anak dalam pembentukan hemoglobin atau sel darah merah untuk mencegah terjadinya anemia defisiensi besi.

Anda bisa memberikan hati ayam bersamaan dengan makanan mengandung vitamin C seperti tomat, brokoli, lemon, paprika, atau sayuran berdaun hijau, untuk mengoptimalkan tingkat penyerapan zat besi oleh tubuh.

Baca juga: Waspada, Banyak Orang Tak Sadar Dirinya Alami Anemia

2. Mempercepat penyembuhan luka
Menurut sebuah studi yang dilansir National Institutes of Health, zinc adalah salah satu mineral esensial yang memiliki peran penting bagi tumbuh kembang, metabolisme tulang, sistem saraf pusat, sistem kekebalan tubuh, perbaikan DNA, dan terutama proses penyembuhan luka.

Nah, mengonsumsi seporsi hati ayam berukuran 100 gram bisa memenuhi sekitar 27 persen kebutuhan zinc yang dibutuhkan tubuh anak setiap harinya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

3. Menjaga kesehatan mata
Tak disangka, hati ayam sebenarnya adalah salah satu sumber makanan tinggi vitamin A yang penting untuk menjaga kesehatan mata serta fungsi penglihatan.

Setiap 100 gram hati ayam bisa memenuhi hingga 222 persen-267 persen kebutuhan vitamin A harian anak, sehingga tidak perlu dikonsumsi terlalu banyak untuk mendapatkan manfaatnya.

4. Mengurangi risiko depresi
Manfaat hati ayam juga datang dari konsentrasi tinggi berbagai jenis vitamin B di dalamnya, yang berperan penting dalam sistem energi, perbaikan sel, dan sintesa DNA.

Bahkan seperti dikutip dari nutritionadvance.com, setiap 100 gram hati ayam bisa memenuhi sampai 287 persen kebutuhan harian vitamin B12. Dengan asupan harian vitamin B12 yang cukup, Si Kecil bisa terhindar dari penyakit kardiovaskular, masalah saraf, juga depresi.

Baca juga: Kenali Tanda-tanda Anak Stres

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X