Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/04/2020, 16:21 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber CNN

KOMPAS.com— Perawatan rambut yang biasanya dilakukan di salon kini terpaksa ditunda atau dikerjakan sendiri selama masa pembatasan fisik pandemi Covid-19. Salah satunya adalah mewarnai rambut. 

Kegiatan mengecat rambut ternyata dipilih sebagian orang untuk mengisi waktu dengan bereksperimen atau pun untuk menutupi uban. 

Buat kamu yang ingin mewarnai rambut, berikut adalah saran dari beberapa ahli yang bisa kamu terapkan.

Jika ini adalah pertama kalinya kamu mewarnai rambutmu sendiri, Megan Graham, pemilik dan ahli pewarna rambut di Megan Graham Beauty di Boston, memiliki beberapa kiat cepat dan masuk akal.

"Pilih dua warna warna alami yang bisa kamu gunakan di rumah. Perubahan warna utama, atau warna-warna terang, harus tetap dikerjakan oleh para profesional,” ujarnya.

Baca juga: Sederet Artis Potong Rambut di Rumah karena Social Distancing

Buat kamu yang sudah sering mewarnai rambut sebaiknya konsultasikan rencana pewarnaan rambut yang akan kamu lakukan di rumah dengan penata rambutmu. Mintalah arahan padanya.

Mereka mungkin dapat membantumu mencocokkan warna dengan kulitmu, berdasarkan pengetahuan mereka tentang campuran yang cocok untuk, dan memberi saran tentang bagaimana proses yang benar.

IlustrasiThinkstockphotos Ilustrasi

Warna permanen

Mewarnai rambut sendiri dan menutupi akar akan lebih mudah dari yang dikira, bahkan jika kamu belum pernah melakukannya di rumah.

Miguel Angarita, ahli warna pada Oscar Blandi Salon di New York City, berbagi beberapa saran. "Menerapkan warna hanya pada area yang terlihat, meminimalkan kesalahan dan mencegahmu merasa kewalahan," katanya.

"Jadi, oleskan hanya bagian dan garis rambut. Jangan gunakan pewarna permanen pada ujung rambut. Ini bisa menggelapkan atau membuat ujungnya rata,” ujarnya”.

Tip kunci lainnya? Ikuti petunjuk yang ada dalam pewarna rambut yang kamu beli.

"Merek apa pun bisa aman, tetapi penting untuk mengikuti arahan seperti yang tertulis, serta melakukan uji coba terlebih dahulu (dengan mengoleskan sedikit peawrna di belakang telinga dan diamkan semalaman) untuk melihat apakah kamu alergi terhadap produk pewarna tersebut atau tidak,” kata Graham.

Baca juga: Adakah Cara Mempercepat Pertumbuhan Rambut?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com