Tak Perlu Dijahit, Ini Cara Sederhana Membuat Masker Kain

Kompas.com - 14/04/2020, 14:53 WIB
Masker kain yang bisa dibuat sendiri di rumah. Tangkap layar IG Live @beautyjournalMasker kain yang bisa dibuat sendiri di rumah.

KOMPAS.com - Di tengah semakin meluasnya pandemi virus corona, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan pemerintah mengimbau masyarakat untuk menggunakan masker kain ketika beraktivitas di luar rumah.

Ini dilakukan untuk mencegah penularan virus corona semakin luas.

Meski lebih dinjurkan untuk mengenakan masker tiga lapis, masker kain sebetulnya bisa didapatkan dengan mudah, bahkan kita bisa membuatnya sendiri menggunakan bahan-bahan yang tersedia di rumah.

Baca juga: Cotton Ink Bikin Masker Kain Cantik untuk Bantu Cegah Virus Corona

Bagaimana caranya?

Web & Content Manager Cotton Ink, Bella, turut berbagi cara membuat masker kain sederhana melalui sesi live Instagram Beauty Journal On Board.

Kamu hanya perlu menyiapkan tiga bahan yakni kain, karet, dan tisu (opsi).

Untuk kain, ukurannya kurang lebih panjang 50cm dan lebar 35cm. Sesuaikan kembali dengan ukuran wajah agar pas ketika dikenakan.

Kamu bisa mengenakan kain apapun yang kamu miliki. Bella sendiri mencontohkan menggunakan sarung bantal. Namun, usahakan kain berbahan katun.

"Karena akan dipakai di hidung, mulut, untuk bernapas paling nyaman dan dianjurkan bahannya katun," kata Bella, Selasa (14/4/2020).

Baca juga: Masker Kain Kreatif, dari Motif Batik hingga Wajah Syahrini...

Untuk mengaitkan masker di telinga, kita bisa menggunakan tali karet. Namun, kamu juga bisa memanfaatkan tali apapun sebagai pengganti. Misalnya, tali pada kantong tas belanja.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X