Kompas.com - 14/04/2020, 16:09 WIB
Ilustrasi drama queen shutterstockIlustrasi drama queen
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Drama queen atau ratu drama adalah jenis kepribadian yang memang tidak disukai banyak orang. Bayangkan saja, orang dengan karakter ini selalu ingin menjadi pusat perhatian dengan segala dramanya.

Tahukah kamu beberapa tanda drama queen di bawah ini. Apakah teman Anda ada yang memenuhi seperti itu? Atau mungkin Anda adalah drama queen, tapi tidak menyadarinya?

Drama queen terjadi karena faktor keturunan?

Peran biologis ternyata mempengaruhi seberapa intens perasaan kita. Seorang profesor psikolog dan psikiater dari Universitas Emory di Amerika Serikat mengatakan, bisa jadi jenis kepribadian drama queen diakibatkan oleh peran biologis. Peran biologis yang dimaksud adalah faktor genetik dan lingkungan keluarga.

Mungkinkah orangtua yang lalai, bisa “melahirkan” seorang anak yang drama queen? Menurut seorang ahli psikolog, ada bukti bahwa orangtua yang terlalu memikirkan perasaannya sendiri, akan membuat sang anak menjadi selalu ingin cari perhatian.

Hal ini bisa membuat sang anak berulah demi mendapatkan yang ia inginkan. Sehingga “benih” drama queen pun tertanam dalam diri.

Baca juga: Emosional Orangtua Berlebihan, Anak Tumbuh Jadi “Drama Queen”

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Drama queen dan ciri-cirinya

Kalaupun Anda memiliki ciri-ciri drama queen di bawah, tidak ada kata terlambat untuk berubah dan instropeksi diri. Jangan malah merasa rendah diri, semangatlah dalam berubah demi kebaikan diri dan orang lain.

Berikut ini adalah ciri-ciri drama queen yang harus diwaspadai:

1. Perasaan yang terlalu sensitif

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.