Mencegah Anak Kecanduan Gadget Selama Masa Karantina

Kompas.com - 14/04/2020, 18:08 WIB
Ilustrasi anak main gadget DragonImagesIlustrasi anak main gadget

KOMPAS.com - Selama masa karantina otomatis anak-anak tak bisa keluar rumah untuk bermain. Pilihan permainan yang terbatas, seringkali membuat anak lebih memilih gadget atau gawai untuk menghilangkan rasa bosan.

Namun, ada baiknya orangtua juga memberikan perhatian agar anak tak menjadi adiksi akan gawai setelah masa karantina berakhir.

Psikiater Anak dan Remaja Dr Renvil Reynaldi SpKJ (K) mengatakan, orangtua perlu memberikan batasan terkait waktu anak bermain dengan gawai selama masa karantina mandiri ini dijalani.

Baca juga: Cara Beri Pengertian pada Anak, Mengapa Harus Terus Berada di Rumah

“Tetap ada rutinitas, timeline, dimana waktunya belajar, dimana waktunya bermain. Jadi anak bisa memenuhi targetnya,” kata Renvil dalam Obrolan Kesehatan Jiwa Live Instagram dengan tema “Tips Atasi Masalah Kesehatan Jiwa Anak di Masa Home Learning” di Instagram @pdskji_indonesia yang dikutip Kompas.com, Senin (13/4/2020).

Renvil menyadari, bahwa waktu bermain anak saat tak bisa keluar rumah memang sangat terbatas. Untuk itu, orangtua diminta untuk terus melakukan pendampigan pada anak.

“Misalnya yang biasnaya main basket untuk anak-anak remaja, atau anak yang lebih kecil main ke playground, tapi sekarang kan jadi enggak bisa,” ujarnya.

Orangtua juga bisa mengalihkan perhatian anak dengan mengajak mereka melakukan pekerjaan rumah yang dikemas dengan suasana yang menyenangkan.

“Misalnya dengan membantu orantua di rumah, merapikan barang, dapur dan kita puji. Karena ini adalah sesuatu yang baik. Ini akan berefek bagus, anak-anak dipuji,” katanya.

Baca juga: 8 Persoalan Anak yang Tak Boleh Diabaikan Orangtua Selama Pandemi

Selain itu, saat anak-anak bermain dengan gawainya, orangtua harus benar-benar menetapkan batasan waktu dan menjalankannya dengan disiplin.

“Selama kita bisa beri batasan waktu, misalnya sehari satu jam, mungkin tidak akan menjadi adiksi. Adiksi itu kalau lebih lama dan itu-itu saja,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X