Kompas.com - 14/04/2020, 19:10 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 membuat sebagian orang harus melakukan pembatasan fisik (physical distancing) dan bekerja dari rumah (work from home).;

Meski aktivitas di luar rumah cenderung minim, namun tak sedikit orang yang justru merasa lebih boros di masa WFH.

Perencana keuangan dari Investashe.com, Aliyah Natasya menjelaskan, masa pandemi menyebabkan situasi penuh ketidakpastian bagi semua orang.

Di awal pandemi muncul satu perasaan yang sama, yaitu ketakutan. Rasa takut dan khawatir itu membuat insting bertahan hidup seseorang semakin besar.

Di masa pandemi Covid-19, sebagian besar orang menjadi lebih steril dan higienis sehingga membeli barang-barang yang sebelumnya tidak dibeli.

Contoh lainnya adalah dalam hal fasilitas. Misalnya, orang yang bekerja di perkantoran, sebelumnya mungkin tak perlu mengeluarkan uang minum dan makan siang karena sudah difasilitasi, namun kini perlu menyisihkan dana lebih.

Belum lagi faktor pendukung seperti koneksi internet, peralatan masak, biaya listrik yang membengkak, dan lain sebagainya.

"Sebenarnya gejala WFH yang bikin boros adalah adanya habit baru," kata Aliyah dalam Live IG, Ngobrol Bareng Her World Indonesia, Selasa (14/4/2020).

Namun, pengeluaran yang boros di masa WFH bisa kita antisipasi, di antaranya dengan beberapa trik berikut:

1. Mempersiapkan budget makanan

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.