Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Membantu Mengatasi Kecemasan Anak Selama Karantina

Kompas.com - 14/04/2020, 20:40 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pandemi virus corona rupanya bisa memiliki efek jangka panjang pada anak. Rahil Briggs, Psy.D., menyebutkan metafora dandelion dan anggrek.

Ini adalah teori yang dikembangkan oleh Dr. Thomas Boyce, M.D., seorang dokter anak dan peneliti, dan menyatakan bahwa sebagian besar anak-anak adalah tanaman liar berbunga, cukup ulet, dan mampu mengatasi stres ketika datang.

Tapi, Dr. Boyce memperkirakan sekitar 20 persen anak-anak adalah bunga anggrek. Saat ia menggambarkannya di “Fresh Air” NPR pada tahun 2019, anak yang digolongkan sebagai bunga anggrek adalah anak yang menunjukkan sensitivitas dan kerentanan besar terhadap lingkungan yang buruk dan baik.

“Mereka mungkin lebih sensitif karena kombinasi alasan biologis dan lingkungan,” kata Boyce.

Baca juga: 8 Persoalan Anak yang Tak Boleh Diabaikan Orangtua Selama Pandemi

Jika kamu memiliki anak dengan jenis bunga anggrek, dan dia sekarang mungkin "berjuang" lebih dari anak lainnya, dengan semua perubahan yang terjadi pada pandemi ini pada kehidupannya.

Penelitian Dr. Boyce menunjukkan bahwa anak jenis bunga anggrek berkembang dengan rutinitas rutin, yakni, rutinitas yang harus diatur kembali secara signifikan dalam satu atau dua bulan terakhir.

Untuk itu perlu penanganan khusus bagi anak jenis bunga anggrek ini, walaupun cara ini sebenarnya bisa saja diterapkan pada semua anak dalam menghadpi masa pandemi ini.

1. Mengakui perubahan

Mengakui adanya perubahan baru-baru ini dalam kehidupan anak-anak dapat terasa sangat pas, kata Becky Kennedy, Ph.D., seorang psikolog klinis di New York City.

"Bersama anak-anak buatlah daftar hal-hal yang telah berubah dan hal-hal yang tetap sama," kata Dr. Kennedy.

Lakukan brainstorming daftar ini secara verbal dengan anak-anak, misalnya,"Dulu kamu pergi ke sekolah, itu sudah berubah, tetapi kamu tetap bisa minta tolong pada Ibu untuk menyelipkan daftar pelajaran di setiap malam, itu sama saja,” kata Dr. Kennedy.

Dengan melakukan itu, akan membuat mereka merasa tidak sendirian, karena mereka tahu bahwa mereka bukanlah satu-satunya yang menyadari bahwa beberapa hal tidak lagi seperti sebelumnya.

Baca juga: Cara Beri Pengertian pada Anak, Mengapa Harus Terus Berada di Rumah

2. Atasi kecemasan sendiri

Beberapa ahli yang kami ajak bicara menekankan, kecemasan orangtua dapat membuat anak merasa gelisah.

"Anak-anak kita adalah detektif emosional yang brilian jika menyangkut soal orangtua mereka," kata Abi Gewirtz, Ph.D., seorang psikolog klinis dan profesor di University of Minnesota. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com