Kompas.com - 15/04/2020, 12:36 WIB
Sebuah unggahan lama di akun Instagram Arnold Putra yang mempromosikan sebuah kreasi tas dengan menggunakan material kulit lidah buaya dan bagian tulang belakang manusia.  REPRO BIDIK LAYAR VIA byarnoldputraSebuah unggahan lama di akun Instagram Arnold Putra yang mempromosikan sebuah kreasi tas dengan menggunakan material kulit lidah buaya dan bagian tulang belakang manusia.

KOMPAS.com -  Viralnya tas yang disebut terbuat dari tulang belakang manusia karya desainer -yang kabarnya asal Indonesia, Arnold Putra, mendapat tanggapan dari desainer Ali Charisma.

Pendiri dan Ketua Indonesia Fashion Chamber (IFC) ini mengatakan, viralnya tas tersebut lebih baik tidak perlu direspons lebih lanjut.

Sebab menurut Ali, kondisi tersebut hanya akan menaikkan pamor Arnold --terlepas benar atau tidaknya klaim penggunaan tulang manusia tersebut.

Baca juga: Kontroversi Arnold Putra, Bikin Tas Pakai Tulang Belakang Manusia

"Kalau itu benar, sudah pasti melanggar hukum. Jadi menurut saya tidak perlu dibahas juga kalau itu benar tulang manusia."

"Karena komentar kita baik buruk maupun bagus hanya akan menaikkan pamornya dia," kata Ali, Selasa (14/4/2020).

"Tapi saya kurang setuju juga kalau itu benar, itu kemanusiaannya enggak ada, itu keji," lanjut dia, seperti diwartakan Kantor Berita Antara.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Desainer kondang Ali Charisma saat ditemui di Istituto di Moda Burgo Indonesia, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (23/1/2018).KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Desainer kondang Ali Charisma saat ditemui di Istituto di Moda Burgo Indonesia, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (23/1/2018).

Secara estetika, karya Arnold dinilai Ali tergolong original. Hanya saja, apakah tas tersebut merupakan asli buatannya pun belum bisa dibuktikan. Apalagi, tempat asalnya tidak diketahui.

"Lumayan original kayak Rick Owen-lah tapi kalau Rick Owen based-nya jelas, kalau ini kayak suatu kebetulan."

"Saya tidak yakin apa benar-benar dia yang buat atau bagaimana. Karena kalau aku lihat belum ketahuan based-nya dari mana ini anak," kata Ali lagi.

Baca juga: 11 Cara Menjaga Tulang Belakang Tetap Sehat hingga Tua

"Kalau ngomongin jeleknya, ya bisa aja dia beli dari mana terus di-post, bisa jadi itu tulang kambing atau apa, tapi dia bilang seperti itu," lanjut dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.