Kompas.com - 16/04/2020, 12:30 WIB
Ilustrasi memakai sarung tangan goffkein.proIlustrasi memakai sarung tangan

KOMPAS.com - Demi mencegah penyebaran virus corona lebih meluas, kita semua dianjurkan untuk memakai masker dan melakukan pembatasan fisik. Namun, sebagian orang yang merasa butuh perlindungan lebih dengan memakai sarung tangan ketika beraktivitas di luar rumah.

Di media sosial kita banyak melihat orang-orang yang memakai sarung tangan ketika berbelanja ke supermarket atau pasar.

Sarung tangan mereka gunakan untuk mencegah infeksi virus. Bahan sarung tangan yang digunakan bermacam-macam, mulai dari sarung tangan karet, sarung tangan kain, bahkan menggunakan kantong plastik.

Namun, apakah penggunaan sarung tangan tersebut diperlukan atau justru membahayakan?

1. Sama dengan kulit

Sarung tangan sebetulnya sama seperti kulit. Jika kita menyentuh permukaan yang terkontaminasi menggunakan sarung tangan kemudian menyentuh benda lainnya, kita akan memindahkan kuman tersebut.

Baca juga: Bisakah Kita Mencuci dan Memakai Kembali Sarung Tangan?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bahkan sarung tangan bisa jadi lebih membahayakan karena sifat perekat virus berbeda pada setiap permukaan. Misalnya, virus corona mungkin saja lebih menempel lebih baik pada sarung tangan lateks daripada pada kulit.

Orang-orang yang memakai sarung tangan menganggap dirinya menjadi lebih aman dari infeksi virus, pada kenyataannya, sarung tangan justru bisa memindahkan virus dari satu permukaan ke permukaan lain.

Selain itu, tangan yang penuh virus bisa segera dicuci menggunakan air mengalir dan sabun, atau menggunakan hand sanitizer.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.