7 Cara Mengatasi Batuk Kering dengan Bahan Alami

Kompas.com - 16/04/2020, 13:29 WIB
Ilustrasi masker melindungi saat batuk dan mencegar tertular virus corona ShutterstockIlustrasi masker melindungi saat batuk dan mencegar tertular virus corona
Editor Wisnubrata

Rasa gatal di tenggorokan yang memicu batuk kering sangatlah mengganggu dan mengesalkan.

Mungkin Anda berharap dapat memasukkan jari-jari ke dalam tenggorokan dan langsung menggaruk tenggorokan yang gatal dan kering.

Batuk kering umumnya dapat sembuh dengan sendirinya dan tidak memerlukan perawatan khusus dari dokter. Cara mengatasi batuk kering dapat dilakukan dengan bahan- bahan alami yang bisa didapatkan di rumah.

Berikut adalah beberapa bahan alami alternatif yang bisa digunakan sebagai cara mengatasi batuk kering:

1. Jahe

Ilustrasi jahe.Dok. Shutterstock/ pilipphoto Ilustrasi jahe.
Jahe merupakan salah satu rempah dengan manfaat kesehatan terbanyak, antara lain menurunkan kadar gula dalam darah, menurunkan kadar kolesterol, dan bahkan menekan Alzheimer.

Kandungan antiradang dalam jahe membuatnya menjadi salah satu cara mengatasi batuk kering, rasa sakit, dan mual.

Anda dapat membuat rebusan air jahe dengan memasukkan potongan jahe seukuran jempol tangan atau sekitar 20-40 gram ke dalam empat cangkir air panas.

Namun, rebusan air jahe mungkin dapat mengakibatkan ketidaknyamanan pada perut atau sensasi panas di dada (heartburn).

Jika tidak tahan dengan rasa kuat jahe, Anda dapat menambahkan madu atau air lemon sebelum meminum rebusan air jahe. Sedang buru-buru? Tidak perlu bingung, potongan jahe dapat langsung dikunyah.

Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X