Teh Panas Campur Lemon Bisa Bunuh Virus Corona, Hoaks atau Fakta?

Kompas.com - 16/04/2020, 17:51 WIB
. SHUTTERSTOCK.

KOMPAS.com - Demi menjaga sistem kekebalan tubuh atau sistem imun di tengah masa pandemi Covid-19, salah satu hal utama yang dianjurkan adalah banyak mengonsumsi makanan bergizi.

Namun, tak jarang di kalangan masyarakat beredar informasi-informasi tentang makanan atau minuman tertentu yang dianggap dapat membunuh virus corona dalam tubuh.

Salah satunya adalah teh panas dengan perasan lemon. Informasi ini banyak beredar, misalnya melalui grup-grup What's App.

Baca juga: Apakah Air Lemon Efektif untuk Menurunkan Berat Badan?

"Minumlah teh panas setelah dicampur dengan perasan lemon, dapat segera membunuh virus Covid-19, dan dapat sepenuhnya menghilangkan virus dari tubuh," demikian potongan pesan berantai tersebut.

Nah, apakah informasi tersebut benar atau sekadar hoaks?

Dokter Spesialis Gizi Klinik dari RS Metropolitan Medical Center, Raissa Edwina Djuanda menjelaskan tentang hal ini.

ilustrasi lemon ilustrasi lemon

Raissa menegaskan, hingga saat ini belum ada makanan atau minuman yang terbukti bisa membunuh virus apa pun dalam tubuh, termasuk virus corona.

"Sampai saat ini belum ada makanan atau minuman yang bisa membunuh virus dalam tubuh," katanya dalam sesi "kulwap", Kamis (16/4/2020).

Baca juga: Seberapa Efektif Air Lemon Bakar Lemak Tubuh?

Meski begitu, kata dia, asupan gizi memang berkontribusi terhadap pencegahan virus.

Sebab, asupan nutrisi yang baik dan mencukupi penting untuk menjaga kesehatan. Sebaliknya, asupan nutrisi yang buruk bisa menghambat respons imun, dan meningkatkan risiko infeksi.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X