Kompas.com - 16/04/2020, 21:05 WIB

KOMPAS.com - Pandemi virus corona membuat aktivitas banyak orang terganggu. Berbagai perencanaan pun terpaksa harus ditunda dan menunggu situasi kondusif.

Sejumlah pasangan yang sudah mengidamkan buah hati pun kini menghadapi kekhawatiran, termasuk mereka yang sudah merencanakan program kehamilan (promil).

Hal ini menjadi perhatian sebab masyarakat dianjurkan untuk mengurangi aktivitas di luar rumah dan menjalani pembatasan fisik.

Baca juga: Hamil Trimester Awal di Masa Pandemi Corona, Apa yang Harus Dilakukan?

Lalu, amankah tetap menjalankan promil di tengah situasi pandemi virus corona?

Presiden Direktur PT Morula Indonesia, dr. Ivan Sini, SpOG mengatakan, promil sebetulnya masih aman dijalankan jika ibu hamil lebih banyak beraktivitas di dalam rumah.

"Kalau efek kita minimal dan berada di rumah saja, tidak lebih sering keluar, saya kira itu tidak menjadi masalah," ungkap Ivan dalam #PROMILdirumahaja online press conference, Kamis (16/4/2020).

Morula IVF, misalnya, saat ini tetap beroperasi namun membatasi jam operasional klinik dan menyediakan layanan tele-consultation tanpa mengurangi kualitas pelayanan.

"Pasti akan kami monitor terus, diskusi dan bicara tentang bagaimana stimulasinya," kata Ivan.

Baca juga: Hamil di Masa Pandemi, Tanyakan 5 Hal Berikut pada Dokter

Pada situasi pandemi virus corona sekarang ini, ibu yang menjalani promil tidak harus sering bolak-balik ke rumah sakit atau klinik.

Salah satu fasilitas yang bisa dimanfaatkan adalah paket #promildirumahaja yang disediakan oleh Morula IVF demi membantu para pasangan yang sudah mendambakan kehadiran buah hati.

Beberapa paket yang bisa dipilih, antara lain:

1. Fertility at home

Pada program ini, Morula IVF akan memberikan konseling dan edukasi kesuburan kepasa pasien maupun calon pasien agar kehamilannya tetap aman.

Beberapa fasilitas yang bisa didapatkan pasien untuk paket ini antara lain konseling kesuburan, gizi dan psikologi, IVF dan fertility meals selama 14 hari, paket basic fertility screening (BFS), rapid test Covid-19, kelas memasak online, serta fertility yoga & meditation.

2. IVFdirumahaja dan IVFdihotelaja

Program yang diperuntukkan bagi pasangan yang memenuhi kriteria menjalani program bayi tabung agar tetap aman.

Paket ini meliputi beberapa fasilitas seperti paket obat dan tindakan, pemeriksaan laboratorium untuk suami dan istri, konsultasi dokter (secara langsung dan online) dan USG, hingga menginap di hotel.

Baca juga: Tips Mona Ratuliu, Tetap Tenang Saat Hamil di Masa Pandemi

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.