Kompas.com - 16/04/2020, 22:08 WIB
Seorang commuter mengenakan masker dan menjaga jarak aman dengan orang lain di Santiago, Chili, 20 Maret 2020. Menjaga jarak aman antara warga merupakan salah satu cara yang dianjurkan untuk mencegah penyebaran virus corona. AFP/MARTIN BERNETTISeorang commuter mengenakan masker dan menjaga jarak aman dengan orang lain di Santiago, Chili, 20 Maret 2020. Menjaga jarak aman antara warga merupakan salah satu cara yang dianjurkan untuk mencegah penyebaran virus corona.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyerukan penggunaan masker wajah bagi setiap orang saat berada di luar rumah.

Namun, pemakaian masker wajah, baik itu masker yang kita beli di toko maupun masker DIY, bukan menjadi alasan untuk mengabaikan jarak sosial (social distancing).

"Masker wajah tidak menggantikan jarak sosial," kata Peter Gulick, spesialis penyakit menular dan profesor kedokteran di Michigan State University.

Dia menambahkan, masker darurat dapat berguna saat kita berada di supermarket dan apotek yang notabene merupakan tempat tersulit untuk menerapkan jarak sosial.

Namun, masker ini tidak bisa digunakan sebagai pengganti jarak sosial.

"Fungsi masker bukanlah untuk dipakai sehingga kita bisa lebih dekat dengan orang lain," ujar Gulick.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Masker mencegah kuman menyebar ke orang lain

Pada awal masa pandemi Covid-19, WHO dan Centers for Disease Control and Prevention menyatakan kita tidak perlu memakai masker wajah kecuali dalam kondisi sakit.

Jika kita sakit dan mengenakan masker wajah, maka itu akan mencegah kita menyebarkan kuman atau virus ke orang lain.

Namun sekarang, semua orang harus memakai masker, bahkan jika kita tidak merasa sakit.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.