Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Pria Cari Pasangan Selingkuh? Ini 7 Kemungkinannya

Kompas.com - 17/04/2020, 10:06 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Rasa tersakiti pasti dialami setiap wanita yang ditinggal selingkuh oleh pria pilihannya. Mungkin, banyak pertanyaan muncul di benak wanita, mengapa pria mencari pasangan selingkuh, walau Anda sudah melakukan yang terbaik untuknya?

Ada beberapa penyebab dan penjelasan psikologis, yang membuat pria mencari pasangan selingkuh. Kekurangan pasangan tidak serta-merta menjadi alasan pria untuk menemukan pasangan selingkuh. Sebab, terkadang ada faktor lain yang menyebabkan perselingkuhan.

Perselingkuhan yang dilakukan para pria memang menimbulkan pertanyaan besar; mengapa perilaku tersebut muncul, di saat pasangannya sudah melakukan yang terbaik untuknya?

Selain itu, walau sudah paham betul akan risiko selingkuh, seperti perceraian, rusaknya hubungan keluarga hingga dicap jelek oleh masyarakat, masih saja ada pria yang selingkuh.

Berikut ini adalah beberapa alasan pria mencari pasangan selingkuh.

1. Ketidakdewasaan

Jika pria tidak memiliki pengalaman dalam hubungan yang penuh dengan komitmen, atau ia tidak mengetahui bahwa selingkuh bisa menyakiti perasaan banyak orang, mungkin ia berpikir bahwa berselingkuh bukanlah sebuah masalah.

Pria mungkin berpikir bahwa monogami (menikah dengan satu pasangan) sebagai “jaket” yang ia bisa lepas dan pakai, kapanpun ia mau.

Baca juga: Pasangan Selingkuh Berulang Kali, Maafkan atau Tinggalkan?

2. Rasa ketidakamanan (insecurity)

Mungkin, didasari rasa insecure, pria mencari pasangan selingkuh, karena ia merasa kurang tampan, tidak terlalu kaya, tidak cukup pintar, dan akhirnya mencari pengakuan atau validasi dari wanita selain pasangannya. Dengan begitu, ia akan merasa diinginkan.

3. Kepuasan seksual tak terpenuhi

Dibandingkan wanita, pria lebih berkemungkinan selingkuh karena alasan seksual. Sebab, pria lebih menunjukkan rasa cintanya lewat tindakan fisik. Maka dari itu, seks menjadi aktivitas penting untuk menunjukkan keintiman.

Di saat pasangannya sering menolak berhubungan seks, pria akan merasa “tidak diinginkan”. Hal inilah yang kemudian menyebabkan pria selingkuh.

Dalam sebuah studi, dibuktikan bahwa pria yang selingkuh, berharap bisa mendapatkan kehidupan seksual yang lebih baik.

Faktor di atas tidak hanya dirasakan oleh pria. Wanita juga bisa selingkuh jika tidak puas dengan kehidupan seksualnya.

Baca juga: Lakukan Ini jika Pasangan Ketahuan Selingkuh

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com