Kompas.com - 17/04/2020, 15:17 WIB
Ilustrasi selingkuh Ilustrasi selingkuh
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Mungkin sebagai suami, Anda sering berpikir, apakah kerja keras, rasa kasih sayang, dan komitmen yang Anda berikan pada istri, bisa membuatnya bertahan dan tidak selingkuh?

Hal yang sama juga bisa dipikirkan seorang istri, mengapa seorang suami bisa selingkuh walau dirinya sudah memberikan yang terbaik.

Jika ada dugaan bahwa pasangan selingkuh, Anda harus tahu pasti, ciri-cirinya, kemudian menegur dan bertanya kepadanya dengan baik-baik.

Baca juga: Lihat, 9 Tanda Pasangan Kamu Selingkuh...

 

Percayakah Anda, jika ada penelitian yang menyebutkan, faktor genetik memiliki peran dalam perselingkuhan?

Seseorang yang tidak setia dengan pasangannya, secara genetik, mungkin memiliki kecenderungan demikian.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Para peneliti dari State University of New York, Amerika Serikat, menemukan bahwa gen reseptor dopamin, bernama DRD4, memiliki peran dalam perselingkuhan.

Para peneliti tersebut menjelaskan, setiap manusia memiliki perilaku seksual yang bervariasi. Walau mereka tidak mengetahui peran faktor genetik dalam perilaku seksual seseorang, penemuan ini mendapati bahwa DRD4 ternyata dimiliki oleh para responden yang tidak setia dengan pasangan.

Sekitar 181 reponden menerima pertanyaan tentang hubungan mereka dengan pasangan dan perilaku seksual masing-masing. Setidaknya, 77% dari responden, mengaku pernah melakukan hubungan intim.

Para peneliti kemudian menemukan, 50% dari responden dengan gen 7R+ (variasi genetik DRD4), ternyata tidak setia terhadap pasangannya. Sementara itu, hanya 22% dari para responden tanpa gen tersebut, yang tidak setia.

Dampak 7R+ pada pria dan wanita, tidaklah berbeda. Walau begitu, para peneliti menegaskan, masih diperlukan banyak studi, untuk menemukan hubungan antara faktor genetik dan perselingkuhan.

Baca juga: Hai Lelaki, Pahamilah Apa Penyebab Wanita Selingkuh

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.