Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisa Karena Faktor Genetik, Apa Saja Ciri-ciri Pasangan Selingkuh?

Kompas.com - 17/04/2020, 15:17 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Mungkin sebagai suami, Anda sering berpikir, apakah kerja keras, rasa kasih sayang, dan komitmen yang Anda berikan pada istri, bisa membuatnya bertahan dan tidak selingkuh?

Hal yang sama juga bisa dipikirkan seorang istri, mengapa seorang suami bisa selingkuh walau dirinya sudah memberikan yang terbaik.

Jika ada dugaan bahwa pasangan selingkuh, Anda harus tahu pasti, ciri-cirinya, kemudian menegur dan bertanya kepadanya dengan baik-baik.

Baca juga: Lihat, 9 Tanda Pasangan Kamu Selingkuh...

 

Percayakah Anda, jika ada penelitian yang menyebutkan, faktor genetik memiliki peran dalam perselingkuhan?

Seseorang yang tidak setia dengan pasangannya, secara genetik, mungkin memiliki kecenderungan demikian.

Para peneliti dari State University of New York, Amerika Serikat, menemukan bahwa gen reseptor dopamin, bernama DRD4, memiliki peran dalam perselingkuhan.

Para peneliti tersebut menjelaskan, setiap manusia memiliki perilaku seksual yang bervariasi. Walau mereka tidak mengetahui peran faktor genetik dalam perilaku seksual seseorang, penemuan ini mendapati bahwa DRD4 ternyata dimiliki oleh para responden yang tidak setia dengan pasangan.

Sekitar 181 reponden menerima pertanyaan tentang hubungan mereka dengan pasangan dan perilaku seksual masing-masing. Setidaknya, 77% dari responden, mengaku pernah melakukan hubungan intim.

Para peneliti kemudian menemukan, 50% dari responden dengan gen 7R+ (variasi genetik DRD4), ternyata tidak setia terhadap pasangannya. Sementara itu, hanya 22% dari para responden tanpa gen tersebut, yang tidak setia.

Dampak 7R+ pada pria dan wanita, tidaklah berbeda. Walau begitu, para peneliti menegaskan, masih diperlukan banyak studi, untuk menemukan hubungan antara faktor genetik dan perselingkuhan.

Baca juga: Hai Lelaki, Pahamilah Apa Penyebab Wanita Selingkuh

Apa saja ciri-ciri pasangan berselingkuh?

Seperti yang sudah disebutkan di atas, faktor genetik bisa jadi berperan dalam perselingkuhan. Namun, bukan berarti itu menjadi pembenaran bagi mereka yang berselingkuh.

Perubahan kebiasaan, tindakan yang aneh dan mencurigakan, bisa menjadi beberapa ciri-ciri pasangan selingkuh. Namun, tidak semua orang akan menunjukkan ciri-ciri selingkuh yang sama.

Di bawah ini, merupakan beberapa ciri-ciri pasangan selingkuh, yang umum terjadi:

1. Perubahan dalam kehidupan seksual 

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com