Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/04/2020, 19:04 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Tren biasanya berulang dari tahun ke tahun atau tiap berapa tahun sekali. Tidak heran gaya-gaya lama atau vintage sering muncul kembali dengan sentuhan kekinian yang membuatnya seolah abadi.

Salah satu brand yang sering merilis kembali artikel lamanya dengan make over modern adalah Onitsuka Tiger, yang awalnya dikenal sebagai pembuat sepatu asal Jepang.

Adapun beberapa koleksi lawas Onitsuka kini dimunculkan lagi dengan sol tebal alias chunky, guna mengikuti gaya busana masa kini. Dan yang terbaru adalah seri Delegation.

Seri Delegation pertama kali terlihat saat dikenakan tim Jepang pada Olimpiade Meksiko tahun 1968. Mengikuti kesuksesan seri Mexico 66, Delegation juga dibuat ulang seperti bentuk aslinya.

Baca juga: Kisah Unik Lahir dan Bangkitnya Onitsuka Tiger

Namun pada tahun ini, ada perubahan yang cukup berarti kaena pada Delegation ditambahkan sol tebal sehingga ia disebut Delegation Chunk. Sepatu ini merupakan kombinasi antara bentuk Delegation asli di bagian atas dengan sol tebal dari seri Chunky Runner.

Hasilnya adalah sepatu hibrida yang lebih berkesan lifestyle, walau pendahulunya adalah sepatu olahraga. Uniknya, walau terkesan berat, namun ternyata sol tebal sepatu ini ringan dan fleksibel.

Untuk kenyamanan, bagian tumit dilengkapi teknologi fuzGEL yang berfungsi sebagai peredam getaran, sedangkan bagian insolenya diberi bantalan Ortholite agar empuk dipakai sepanjang hari.

Onitsuka Tiger Fabre ClassicOnitsuka Tiger Onitsuka Tiger Fabre Classic
Sepatu Onitsuka Tiger lain yang juga patut mendapat perhatian adalah seri Fabre Classic. Lagi-lagi ini adalah pengembangan dari seri terdahulu yang dirilis ulang dengan sentuhan modern.

Fabre sendiri adalah sepatu basket yang diluncurkan pada tahun 1975. Nah, pada tahun ini, seri Fabre Classic keluar dalam potongan rendah dan sedang dengan warna-warna yang cocok dipakai untuk sehari-hari.

Pada seri terbaru ini, Fabre Classic dilengkapi karet bening yang menghubungkan bagian atas sepatu dengan sol-nya.

Bagian atas dibuat dari material Tyvex, serupa kanvas yang anti air karena berlapis resin. Sedangkan bawahnya menggunakan karet seperti kebanyakan sepatu basket klasik.

Keduanya sudah tersedia di toko-toko resmi Onitsuka Tiger di Indonesia. Menariknya, kita bisa membelinya lewat chat and buy, jadi tidak perlu datang ke tokonya. Tertarik?

Baca juga: Sepatu Pertama Onitsuka Tiger, Seperti Apa Bentuknya?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com