Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LVMH Menarik Tiga Merek Jam Tangan dari Baselworld 2020

Kompas.com - 17/04/2020, 23:03 WIB
Gading Perkasa,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Hypebeast

KOMPAS.com - LVMH, perusahaan multinasional yang menaungi sejumlah merek kenamaan seperti Louis Vuitton, Christian Dior, dan Hermes, resmi menarik empat merek jam tangan dari ajang Baselworld 2020.

Dengan demikian, LVMH mengikuti jejak perusahaan jam tangan besar lainnya.

Awal minggu ini, lima merek jam tangan yaitu Rolex, Patek Philippe, Chanel, Tudor, dan Chopard memutuskan untuk hengkang dari ajang Baselworld 2020.

Kelimanya juga memulai acara mereka dalam kerja sama dengan Fondation de la Haute Horlogerie (FHH). FHH diperkirakan akan berlangsung di Jenewa, Swiss, pada tahun 2021.

Hal ini menimbulkan pertanyaan mengenai langkah apa yang akan dilakukan oleh LVMH pasca menarik diri dari Baselworld.

Merek LVMH yang dimaksud adalah TAG Heuer, Hublot, dan Zenith, serta Bvlgari yang sudah mengumumkan penarikan dirinya pada Februari lalu.

Situs editorial dan e-commerce jam tangan baru dan vintage, Hodinkee, menduga LVMH akan bergabung dengan lima perusahaan arloji yang telah mengundurkan diri lebih awal untuk berada di Jenewa tahun depan.

Kendati LVMH belum membuat rencana resmi, CEO Bvlgari, Jean-Christophe Babin memberikan tanggapan dalam siaran pers.

"Mengumpulkan seluruh industri jam tangan Swiss di satu lokasi, Jenewa pada tanggal yang sama adalah peluang menghidupkan kembali sektor yang terlalu banyak divisi dan kepentingan berbeda yang melemah, dibandingkan sektor lain di mana Bvlgari aktif dan berproses lebih cepat."

Sementara ini, LVMH masih berencana mengadakan event jam tangan sendiri pada tahun 2021 di Dubai, yang berbenturan dengan rencana Baselworld menjalankan acara mereka yang ditunda sampai Januari 2021.

Baselworld merupakan acara pameran jam pertama di Swiss. Awalnya, pameran ini bernama Schweizer Mustermesse Basel, dan pertama kali diselenggarakan pada 1917.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Hypebeast
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com