Peran Serta Industri Fashion untuk Atasi Pandemi

Kompas.com - 18/04/2020, 13:47 WIB
Di workshop Louis Vuitton di sejumlah lokasi di Perancis, seperti Marsaz, Saint-Donat, Saint-Pourcain, Ducey, dan Sainte Florence, 300 perajin terlibat dalam pembuatan masker wajah. Louis VuittonDi workshop Louis Vuitton di sejumlah lokasi di Perancis, seperti Marsaz, Saint-Donat, Saint-Pourcain, Ducey, dan Sainte Florence, 300 perajin terlibat dalam pembuatan masker wajah.

KOMPAS.com – Semua negara memiliki tugas menantang untuk mengatasi pandemi Covid-19. Industri dari berbagai sektor pun berkontribusi pada upaya pencegahan infeksi virus corona baru ini, termasuk industri mode.

Rumah mode, perusahaan dan juga brand dari industri ini memanfaatkan aset yang dimiliki untuk menyalurkan bantuan. Misalnya saja mengubah operasional pabrik untuk membuat alat-alat pelindung diri bagi para tenaga medis.

Berikut adalah beberapa brand dan rumah mode yang ikut mengulurkan tangannya dalam penanganan pandemi Covid-19.

- Louis Vuitton
Merek fashion yang identik dengan kemewahan ini bekerja sama dengan jaringan tekstil Mode Grande Ouest membuat ratusan ribu masker wajah non-bedah serta pakaian pelindung diri untuk tenaga kesehatan.

Baca juga: Dari Kacamata hingga Sneaker, Gerakan Brand Lokal Memerangi Corona

- Bulgari, Dior, Givenchy
Merek-merek ini mengubah pabriknya untuk memproduksi hand sanitizer dalam jumlah besar, yang semula membuat wewangian.

- Kering
Perusahaan yang menaungi rumah mode seperti Gucci, Balenciaga, dan Alexander McQueen, ini juga menyumbangkan sekitar tiga juta masker bedah yang dikirim dari China untuk para tenaga medis.

Para pekerja PT Eigerindo MPI tengah memproduksi Alat Pelindung Diri (APD) untuk dibagikan gratis kepada tenaga medis. Dok EIGER ADVENTURE Para pekerja PT Eigerindo MPI tengah memproduksi Alat Pelindung Diri (APD) untuk dibagikan gratis kepada tenaga medis.

- PT Pan Brothers
Perusahaan Indonesia yang kerap memasok untuk rumah mode Prada dan Armani, serta juga membuat pakaian untuk Adidas, saat ini telah memproduksi hazmat dan jutaan masker dalam setiap minggunya.

Perusahaan ini juga telah memproduksi satu juta masker yang bisa dicuci per hari, serta 100.000 jas pelindung sekali pakai dan 30.000 jumpsuit yang bisa dicuci per minggu.

Baca juga: Dua Perawat Meninggal dan 46 Tenaga Medis di RSUP Kariadi Positif Corona

- Capri Holdings
Grup rumah mode ternama, Capri Holding Limited yang menaungi merek Versace, Jimmy Choo, dan Michael Kors, turut serta menyumbangkan dana lebih dari tiga juta dollar untuk memerangi pandemi Covid-19.Dana tersebut disumbangkan untuk rumah sakit dan organisasi non-profit yang bekerja di bidang sosial dan kesehatan.

- Under Armour
Produsen perlengkapan olahraga asal Amerika Serikat ini memproduksi alat pelindung diri (APD) bagi tenaga medis, terutama masker dan pelindung wajah. Tidak sembarangan, APD tersebut dirancang oleh tim peneliti bahan, perancang sepatu, dan perancang pakaian, andalan Under Armour.

- Nike
Bekerja sama dengan para pakar kesehatan, Nike mengumumkan bahwa tim inovasi, manufaktur, dan tim produksinya telah mengembangkan pelindung wajah dan lensa respirator air-purifying (PAPR).

- Adidas
Adidas mengikuti jejak beberapa merek ternama dunia yang telah memproduksi alat pelindung diri (APD) untuk petugas medis dalam menangani virus corona. Bekerja ama dengan Carbon, Adidas memproduki masker pelindung wajah yang dicetak dari printer 3D.

Baca juga: WHO: Kekurangan APD Kronis dan Global, Solusinya Kerja Sama dan Solidaritas

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X