Sulit Akses Kontrasepsi di Masa Pandemi, Ini Solusi Mencegah Kehamilan

Kompas.com - 22/04/2020, 16:34 WIB
Ilustrasi kondom rclassenlayoutsIlustrasi kondom
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 yang telah berlangsung selama beberapa bulan terakhir memberikan dampak bagi banyak sektor, termasuk sektor kesehatan seksual dan reproduksi.

Dengan semakin banyak daerah yang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), aktivitas di luar rumah pun akan semakin terbatas. Akses ketersediaan alat kontrasepsi dan layanan Keluarga Berencana pun ikut terdampak.

Padahal, di saat-saat seperti ini kontrasepsi sangat dibutuhkan seiring dengan meningkatnya kebutuhan kedekatan pasangan suami-istri selama masa isolasi mandiri.

Ade Maharani, Head of Marketing DKT Indonesia, penyedia brand kontrasepsi kondom Sutra, Kontrasepsi Andalan, Fiesta, dan Supreme Premium Condoms menambahkan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga sudah mengeluarkan imbauan agar pasangan menggunakan metode kontrasepsi modern untuk mencegah kehamilan di masa pandemi Covid-19.

"Karena perempuan hamil akan mengalami sistem imun yang rentan, sehingga bisa menambah potensi penularan Corona bagi diri sendiri dan orang lain, serta untuk mengatasi ketidakpastian ekonomi yang berpengaruh terhadap perencanaan keluarga," ungkapnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas Lifestyle, Rabu (22/04/2020).

Namun, pemeriksaan rutin terkait kesehatan reproduksi dan KB lebih sulit dilakukan pada masa PSBB seperti saat ini. Lalu, apa saja solusi yang bisa dilakukan untuk mencegah kehamilan di masa pandemi?

1. Membeli kondom

Jika Anda tidak bisa berkunjung ke bidan atau rumah sakit untuk meminta resep pil KB, mengikuti jadwal suntik, pemasangan implan, ataupun pengecekan IUD, Anda masih bisa membeli kondom di apotek atau minimarket yang masih beroperasi.

Namun, jangan lupa untuk melakukan sejumlah prosedur keamanan dan kebersihan seperti mengganti baju, mencuci tangan dan mandi segera setelah tiba di rumah.

Baca juga: 4 Kesalahan Sederhana yang Berisiko Saat Pakai Kondom

2. Membeli kontrasepsi secara online

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X