Kompas.com - 22/04/2020, 17:50 WIB
Ilustrasi membersihkan rumah shutterstockIlustrasi membersihkan rumah

KOMPAS.com— Selama masa karantina, pemerintah menganjurkan masyarakat untuk di rumah saja.  Akibatnya perubahan perilaku belanja pun terjadi di kalangan ibu rumah tangga.

Survey dari platform parenting yang dikenal lewat produk Ibu dan Bayi, Orami mengungkapkan, memasuki minggu ke-4 di rumah, muncul perubahan dari segi perilaku dan keseharian para Ibu di Indonesia.

Survey ini melibatkan responden dari anggota Orami Community yang tersebar di seluruh Indonesia. Hasilnya, mengungkapkan bahwa belanja melalui daring atau online mengalami perningkatan khususnya untuk perlengkapan ibu dan bayi.

Sebanyak 50% ibu mengaku berbelanja perlengkapan Ibu & Bayi melalui e-commerce dan 26% melalui toko online yang ada di media sosial.

Hal ini kontras dengan cara ibu berbelanja kebutuhan pokok sehari-hari seperti sembako, daging, dan sayur dimana sebanyak 65% ibu mengaku masih pergi ke pasar/ warung/ tukang sayur seperti biasa.

Sebanyak 58% responden mengaku bahwa pembelian kebutuhan dasar untuk anak & bayi seperti popok dan susu pun mengalami peningkatan karena untuk stok sehingga yang dibeli menjadi lebih banyak.

Selain perubahan perilaku belanja, survey ini juga mengungkapkan perubahan yang dirasakan pada ibu selama masa karantina.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tiga hal yang paling dirasakan perubahannya yakni, sebanyak 42% merasa bahwa pekerjaan domestik bertambah karena semua anggota ada di rumah, namun hal ini dibarengi dengan quality time dengan pasangan yang bertambah (50%) dan perasaan senang karena akhirnya ada yang membantu mereka melakukan pekerjaan rumah tangga (34%).

Untuk working mom yang masih harus bekerja dari rumah, tiga hal yang paling dirasakan perubahannya adalah kesulitan karena harus membagi waktu antara mengurus anak dan juga bekerja (53%), sebanyak 48% merasa quality time dengan anak semakin bertambah, dan sebanyak 35% lainnya jadi punya waktu lebih banyak untuk melakukan hal lain seperti masak, atau melakukan hobi lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.